Sains

Nampak Mencekam, Ini Foto Pertama Bumi dari Luar Angkasa

Roket White Sands menjadi roket pertama dalam sejarah ilmu pengetahuan yang berhasil mengambil foto Bumi di tahun 1946.

Amelia Prisilia

Foto pertama Bumi dari luar angkasa. (White Sands Missile Range/Applied Physics Laboratory)
Foto pertama Bumi dari luar angkasa. (White Sands Missile Range/Applied Physics Laboratory)

Hitekno.com - Melihat sejarah, ilmuwan berhasil mendapat foto pertama Bumi dari luar angkasa terjadi pada tahun 1946 lalu. Terlepas dari kecanggihan teknologi saat ini, foto pertama Bumi dari luar angkasa justru nampak begitu mencekam.

Roket White Sands menjadi pertama dalam sejarah ilmu pengetahuan yang berhasil diterbangkan ke luar angkasa untuk mengambil foto Bumi di tahun 1946. Melansir dari Mashable, roket White Sands merupakan roket milik Jerman yang digunakan saat perang tahun 1945 lalu. Nama resmi untuk roket ini adalah V-2 No 14.

Setelah sekutu mengalahkan Jerman, Amerika lalu menangkap roket-roket tersebut sebelum kemudian digunakan ke luar angkasa. Usai berhasil diterbangkan, roket V-2 atau White Sands ini lalu mengambil foto pertama Bumi dari luar angkasa.

Walaupun masih beresolusi rendah, roket ini berhasil mendapat foto pertama Bumi yang memberikan kesan ghostly yang mencekam dan membuatmu merinding. Dirangkum dari situs resmi NASA, berikut beberapa foto Bumi dari luar angkasa.

1. Foto Bumi dari luar angkasa di bawah ini diambil pada tahun 1947 oleh sejumlah ilmuwan di Meksiko.

Foto Bumi tahun 1947. (NASA)
Foto Bumi tahun 1947. (NASA)

 

2. Foto kedua Bumi dari luar angkasa diambil tahun 1959 oleh satelit Explorer VI. Foto ini menunjukan Samudra Pasifik dengan awan yang menutupinya.

Foto Bumi tahun 1959. (NASA)
Foto Bumi tahun 1959. (NASA)

 

3. Foto Bumi selanjutnya diambil tahun 1960 dengan menggunakan Television InfraRed Observational Satellite (TIROS).

Foto Bumi tahun 1960. (NASA)
Foto Bumi tahun 1960. (NASA)

 

4. Foto Bumi selanjutnya diambil dari Bulan oleh Lunar Orbiter 1 yang dibangun oleh Boeing Co. Foto ini diambil pada tahun 1966 lalu dan menunjukan sebagian sisi Bumi dan Bulan.

Foto Bumi tahun 1966. (NASA)
Foto Bumi tahun 1966. (NASA)

 

Walaupun tampak mencekam, foto Bumi dari luar angkasa selalu menjadi pemandangan indah yang digemari warga Bumi. Pasalnya, pemandangan seperti ini justru jarang ditemukan dan dilihat dari perspektif manusia yang tinggal di Bumi.

Berita Terkait