Sains

Pertama Kali dalam Sejarah, Ditemukan Mumi Hamil 7 Bulan

Para ilmuwan pertama kalinya menemukan mumi hamil 7 bulan.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)
Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)

Hitekno.com - Pertama kalinya dalam sejarah, para ilmuwan di Polandia umumkan mereka telah temukan satu mumi hamil. 

Para peneliti itu mengatakan mumi yang tadinya mereka kira sebagai seorang pendeta lelaki, ternyata adalah seorang perempuan yang sedang hamil 7 bulan setelah dianalisis dengan sinar X.

Marzena Ozarek-Szilke, arkeolog dan antropolog yang terlibat dalam studi itu, mengatakan belum pernah ada penelitian lain yang menemukan mumi dalam kondisi hamil di Mesir.

"Kejutan pertama yang kami temukan adalah mumi itu tak memiliki penis, tetapi ia memiliki payudara dan rambut panjang. Kemudian kami menemukan bahwa ia adalah perempuan," kata Marzena, Kamis (29/4/2021).

Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)
Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)

"Tetapi ketika kami melihat ada kaki dan tangan kecil dari janin itu, kami sangat terkejut," imbuh dia.

Mumi itu dibawa ke Warsawa pada 1826. Pada petinya ada tulisan seorang pendeta lelaki. Sebelumnya belum ada penjelasan soal mumi itu sampai Marzena dkk mengungkap temuan mereka pekan ini.

Mereka menduga perempuan yang dimumikan tersebut berusia antara 20 sampai 30 tahun. Jika melihat tengkorak janin, mereka menduga ia sedang hamil 26 sampai 28 pekan. Temuan Marzena dan timnya tersebut diterbitkan di Journal of Archaelogical Science.

"Ini adalah temuan paling penting dan paling signifikan sejauh ini, sungguh sebuah kejutan," kata Wojciech Ejsmond, peneliti yang juga terlibat dalam studi itu.

Peneliti mengatakan temuan mumi perempuan hamil itu diharapkan bisa membuka misteri tentang perawatan kehamilan pada dahulu kala. (Suara.com/Liberty Jemadu)

Berita Terkait