Sains

Heboh Penampakan UFO Berbentuk Piramida, Pentagon Lakukan Investigasi

Terdapat beberapa objek berbentuk lain yang dicurigai sebagai UFO.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi UFO yang terlihat di radar pesawat jet tempur. (YouTube/ History)
Ilustrasi UFO yang terlihat di radar pesawat jet tempur. (YouTube/ History)

Hitekno.com - Misteri mengenai Unidentified Flying Object atau UFO selalu menarik untuk disimak baik oleh masyarakat awam maupun ilmuwan. Sebuah video telah bocor dalam beberapa pekan ke belakang dan menampakkan sebuah UFO yang berbentu piramida.

Salah satu video berbintik menangkap objek berkedip berbentuk piramida di tengah penerbangan. Sementara foto lain menunjukkan objek berbeda yang digambarkan sebagai "balon metalik", objek berbentuk bola, dan satu yang menyerupai pohon ek di langit.

Video yang beredar itu telah dikonfirmasi kebenarannya oleh juru bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Juru bicara Pentagon mengonfirmasi kepada CNN bahwa video yang tersebar itu direkam oleh personel US Navy (Angkatan Laut AS) pada 2019.

Sue Gough yang merupakan juru bicara Pentagon mengatakan kepada CNN bahwa video dan gambar itu adalah bagian dari "pemeriksaan berkelanjutan" mereka terhadap UFO. Mereka menyebutnya sebagai Unidentified Aerial Phenomena atau UAP.

Penampakan UFO berbentuk piramida. (YouTube/ Today)
Penampakan UFO berbentuk piramida. (YouTube/ Today)

 

Dikutip dari People, sebagai tindak lanjut penampakan tersebut, Departemen Pertahanan AS telah membentuk Unidentified Aerial Phenomena Task Force pada Agustus lalu untuk melakukan investigasi. Hasil penyelidikan diharapkan bakal diungkap setidaknya pada tahun ini.

"Seperti kami katakan sebelumnya, untuk menjaga keamanan operasi dan untuk menghindari pengungkapan informasi yang mungkin berguna bagi musuh potensial, DOD tidak membahas secara terbuka perincian baik dari pengamatan atau pemeriksaan serangan yang dilaporkan ke wilayah pelatihan kami atau wilayah udara yang ditentukan, termasuk awalnya yang disebut UAP, "kata Gough kepada CNN.

Pentagon mengonfirmasi penampakan UFO berbentuk piramida. (CNN)
Pentagon mengonfirmasi penampakan UFO berbentuk piramida. (CNN)

 

Melalui video yang diunggah oleh channel YouTube Global News, kita bisa melihat detik-detik bagaimana sebuah benda misterius berkelip dengan bentuk piramida muncul di langit AS.

Perwakilan Departemen Pertahana AS juga memastikan bahwa Unidentified Aerial Phenomena Task Force telah memasukkan insiden itu ke dalam pemeriksaan yang sedang berlangsung.

Dalam sebuah wawancara bulan lalu, mantan direktur intelijen John Ratcliffe, yang bertugas di pemerintahan Trump, mengatakan kepada pembawa acara Fox News Maria Bartiromo bahwa "ada lebih banyak penampakan daripada yang dipublikasikan". Ratcliffe menambahkan bahwa ada penampakan "di seluruh dunia".

Mengacu pada data dari National UFO Reporting Center, New York Times melaporkan bahwa lebih dari 7.200 insiden yang dilaporkan, 1.000 lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Ratcliffe mengatakan bahwa cuaca dan "gangguan visual" terkadang dapat menjelaskan penampakan UFO, tetapi ada beberapa contoh di mana pihak berwenang tidak memiliki penjelasan yang baik untuk beberapa hal yang telah mereka lihat.

Berita Terkait