Sains

Penganut Bumi Datar Gabung Angkatan Laut, Ini yang Didapatkannya

Saking ingin membuktikan jika Bumi datar, ia sampai masuk Angkatan Laut. Namun apa yang didapatkannya?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Bumi. (pexels/pixabay)
Ilustrasi Bumi. (pexels/pixabay)

Hitekno.com - Teori Bumi datar telah ada bertahun-tahun dan dipercayai banyak orang, bahkan sampai sekarang masih ada yang menganutnya. Tak jarang pula terjadi perdebatan sengit dengan yang mempercayai Bumi bulat.

Tak sedikit pula para penganut Bumi datar yang berupaya untuk membuktikan apa yang dipercayai mengenai bentuk planet ini.

Jika memang benar bentuk Bumi datar, akan sangat mudah membuktikannya dengan melihat perahu berlayar di kejauhan dan tidak hilang di cakrawala atau meminta astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mengambil foto penampakan Bumi.

Namun, seorang lelaki yang tak diketahui identitasnya berusaha membuktikan teori tersebut. Bahkan, ia bergabung dengan Angkatan Laut.

Kisah ini diceritakan kembali oleh seorang pengguna Reddit dengan nama akun TrungusMcTungus.

"Saya memiliki seorang kenalan yang saya temui di Angkatan Laut. Ia secara khusus bergabung karena ingin membuktikan teori Bumi datar saat berada di laut," tulis pengguna Reddit tersebut, seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (26/1/2021).

Lelaki itu dilaporkan memetakan lokasi kapal hingga kecepatan dan arah kapal setiap harinya agar ia bisa membuat jalur peta.

Ilustrasi Bumi Datar. (Shutterstock)
Ilustrasi Bumi Datar. (Shutterstock)

 

Namun suatu hari, lelaki tersebut menyadari bahwa jalur yang diambil kapal tidak mungkin dilalui jika Bumi datar, berdasarkan perhitungan jarak yang ditempuh dan kecepatan kapal.

Lelaki itu tampaknya curiga bahwa Bumi sebenarnya bulat. Tetapi sebelum ia memercayai hal itu, lelaki tersebut ingin mencari tahu sendiri dan mendapatkan bukti lebih.

"Leading Petty Officer di kapalnya yang menunjukkan bahwa Bumi itu bulat. Ia diberi teropong dan menjelaskan jika Bumi datar, ia harus bisa melihat ujung tanah. Tapi dia tidak melihat apa pun dari cakrawala. Setelah itu, dia yakin bahwa Bumi bulat," tambah pengguna TrungusMcTungus.

Sayangnya, karena ia mendaftar untuk kontrak minimal empat tahun, lelaki itu sekarang terjebak di Angkatan Laut.

Beberapa pengguna Reddit lainnya juga membagikan kisah serupa bagaimana keyakinan mereka tentang teori Bumi datar berakhir.

Sebagian besar menyadari kekeliruan tersebut dengan menonton video eksperimen.

Itulah kisah penganut Bumi datar yang ingin membuktikan apa yang dipercayai, bahkan sampai bergabung ke Angkatan Laut. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait