Sains

Foto Satelit Ini Ungkap Kebocoran Minyak di Laut Mauritius

Akibat kebocoran minyak di laut Mauritius ini, kondisi laut menjadi semakin buruk.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Kebocoran minyak di laut Mauritius. (Maxar Technologies)
Kebocoran minyak di laut Mauritius. (Maxar Technologies)

Hitekno.com - Belum lama ini, kapal MV Wakashio yang kandas akhir Juli 2020 lalu di perairan Mauritius mengalami kehancuran hingga membuat kebocoran minyak parah di laut tersebut. Melihat foto satelit, kebocoran minyak di laut Mauritius ini rupanya cukup parah terjadi.

Sebelumnya, daerah Mauritius mengungkap status darurat mengenai pencemaran lingkungan yang terjadi akibat kebocoran minyak di laut tersebut. Terlebih, lokasi bocornya minyak tersebut terjadi dekat cagar alam Blue Bay Marine Park.

Kebocoran minyak yang terjadi akibat kecelakaan kapal ini bermula dari kapal MV Wakashio yang menabrak terumbu karang di lepas pantai tenggara laut Mauritius. Retakan ini lalu mengeluarkan 4.290 ton minyak ke laut Mauritius dalam waktu singkat.

Melansir dari Live Science, menimbulkan pencemaran lingkungan yang cukup serius, satelit Maxar Technologies kemudian membagikan foto satelit kebocoran minyak di laut Mauritius ini pada 7 Agustus 2020 lalu.

Akibat kebocoran minyak di laut Mauritius ini, kondisi laut menjadi semakin buruk. Padahal lokasi tumpahan minyak tersebut merupakan kawasan sensitif yang dilindungi dan masuk dalam perjanjian Internasional.

Ilustrasi laut dalam. (Pixabay/ Pete Linforth)
Ilustrasi laut dalam. (Pixabay/ Pete Linforth)

 

Mengenai penanganan kebocoran minyak di laut Mauritius ini terus dilakukan oleh banyak pihak untuk menghentikan aliran kargo cair dari kapal tersebut.

Mengutip Bloomberg Green, tumpahan minyak ini menjadi salah satu krisis ekologi yang paling mengerikan yang pernah terjadi di negara dengan deretan pulau-pulau kecil ini.

Berdasarkan sejarah, kebocoran minyak di laut Mauritius ini bukanlah yang pertama terjadi. Sebelumnya ada 8 kebocoran minyak yang terjadi sepanjang tahun 2020 ini. Daftar ini termasuk bencana 29 Mei 2020 yang terjadi di Lingkaran Akrtik.

Kebocoran minyak di laut Mauritius. (Maxar Technologies)
Kebocoran minyak di laut Mauritius. (Maxar Technologies)

 

Lebih lanjut, Nagashiki Shipping selaku perusahaan pemilik kapal MV Wakashio mengaku tengah dalam upaya penyelamatan mengenai kejadian yang berdampak buruk pada lingkungan ini.

Dalam foto satelit yang ungkap kebocoran minyak di laut Mauritius menunjukan dengan jelas mengenai kerugian besar yang terjadi di sekitar daerah tersebut.

Berita Terkait