Sains

Bukan Satu, Astronom Deteksi 4 Objek Misterius di Antariksa

Diketahui empat objek misterius ini diberi nama sebagai ORCs atau Odd Radio Circles.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi galaksi. (pixabay/WikilImages)
Ilustrasi galaksi. (pixabay/WikilImages)

Hitekno.com - Bukan satu, baru-baru ini, astronom baru saja mendeteksi empat objek misterius sekaligus di antariksa. Menjadi penemuan terbaru, empat objek misterius ini masih belum dapat terklasifikasi hingga kini.

Secara bentuk, empat objek misterius memiliki bentuk bulat. Cukup unik, tiga di antara empat objek misterius memiliki pinggiran bercahaya yang membuatnya nampak mirip seperti cincin.

Mengutip Science Alert, penemuan empat objek misterius di antariksa ini pertama kali ditemukan oleh tim astronom internasional yang dipimpin oleh ahli astrofisika bernama Rau Norris dari Western Sydney University.

Diketahui empat objek misterius ini diberi nama sebagai ORCs atau Odd Radio Circles. Hingga kini, objek misterius ini belum dimasukkan ke kategori apapun. Astronom menduga bahwa objek ini akan menjadi kategori baru.

Sebelumnya, empat objek misterius ini terdeteksi pertama kali pada akhir tahun 2019 lalu dengan menggunakan Australian Square Kilometre Array Pathfinder.

Empat objek misterius di antariksa. (Norris et al., ArXiv, 2020)
Empat objek misterius di antariksa. (Norris et al., ArXiv, 2020)

 

Untuk saat ini, Australian Square Kilometre Array Pathfinder ini merupakan teleskop radio canggih yang paling sensitif di dunia.

Saat pertama kali ditemukan, astronom dibuat ragu dan menyangka bahwa empat objek misterius ini hanya merupakan eror pada perangkat yang digunakan.

Namun, usai melakukan penelitian lebih lanjut dengan teleskop, empat objek misterius ini mulai dipastikan eksistensinya. Berdasarkan penelitian, astronom percaya bahwa kemunculan objek ini terjadi di luar galaksi Bima Sakti.

Ilustrasi galaksi dan alam semesta. (Pixabay/ Gerd Altmann)
Ilustrasi galaksi dan alam semesta. (Pixabay/ Gerd Altmann)

 

Prediksi lainnya menyebutkan bahwa empat objek misterius ini merupakan efek atau sisa yang muncul usai terjadi sebuah peristiwa besar di luar galaksi Bima Sakti. Sayangnya, peristiwa besar tersebut tidak diketahui sama sekali.

Agar dapat memahami lebih lanjut mengenai empat objek misterius yang baru saja ditemukan oleh astronom ini, penelitian mendalam perlu dilakukan kedepannya.

Berita Terkait