Sains

Menyimpan Banyak Misteri, Ini 5 Objek Teraneh di Alam Semesta

Alam semesta menyimpan banyak misteri yang tak jarang membuat manusia merasa takjub.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi luar angkasa. (Pixabay/lumina_obscura)
Ilustrasi luar angkasa. (Pixabay/lumina_obscura)

Hitekno.com - Banyak misteri yang tersimpan di alam semesta yang jarang membuat manusia merasa takjub. Di antaranya merupakan sesuatu yang aneh. Dilansir dari Live Science, Rabu (3/6/2020), berikut lima objek teraneh yang ada di alam semesta:

1. Bulan yang memiliki bulan

Sebuah Bulan kemungkinan dapat memiliki Bulan yang secara ilmiah disebut sub-bulan, tetapi para astronom memiliki nama lebih menarik, yaitu bulanbulan (moonmoons).

Kepler 1625b. [Wikipedia]
Kepler 1625b. [Wikipedia]

Penelitian yang diterbitkan pada 2018, menjabarkan kemungkinan adanya bulanbulan pada Bulan milik sebuah planet asing, yaitu planet ekstrasurya Kepler-1625b. Bulan yang diperkirakan berukuran cukup besar itu memiliki ukuran seperti Neptunus. Dengan ukurannya yang besar tersebut, sebuah Bulan kemungkinan dapat memiliki bulanbulan.

2. Galaksi fosil yang hidup

DGSAT I merupakan Galaksi Ultradiffuse (UDG), yang memiliki ukuran sebesar galaksi Bimasakti namun bintang-bintangnya tersebar sangat tipis sehingga hampir tidak terlihat.

Tetapi ketika para ilmuwan melihat DGSAT I pada 2016, galaksi itu hanya ditemukan sendirian. Tidak seperti UDG lain yang biasanya ditemukan dalam kelompok. Karakteristik galaksi ini menunjukkan bahwa objek ini terbentuk selama era yang sangat berbeda di alam semesta, hanya sekitar 1 miliar tahun setelah Big Bang, menjadikan DGSAT I sebagai galaksi fosil yang hidup.

Berita Terkait