Sains

Potensi Cuaca Buruk, BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Sejumlah Daerah

BMKG memprediksi serta mengeluarkan peringatan dini untuk sejumlah daerah di Tanah Air.

Agung Pratnyawan

Logo BMKG. (BMKG)
Logo BMKG. (BMKG)

Hitekno.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya potensi hujan sedang hingga hujan lebat untuk sejumlah daerah hingga Rabu dini hari (29/4/2020). BMKG pun mengeluarkan peringatan dini akan hal ini.

Berdasarkan laman resmi sosial media BMKG, peringatan dini oleh BMKG di antaranya Provinsi Jambi masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Wilayah terdampak di antaranya Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang dapat meluas ke wilayah Kabupaten Muaro Jambi.

Kemudian keadaan yang sama juga diprediksi terjadi di Kota Jambi. Kondisi tersebut diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 03.00 WIB. Selain itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Provinsi Riau.

Potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu.

Ilustrasi angin kencang disertai hujan lebat. (Shutterstock)
Ilustrasi angin kencang disertai hujan lebat. (Shutterstock)

 

Berdasarkan citra satelit Himawari, kondisi tersebut diperkirakan bakal terus terjadi hingga pukul 03.00 WIB. Selain Jambi dan Riau, peringatan dini juga dikeluarkan oleh BMKG untuk Provinsi Kalimantan Tengah.

Sejumlah daerah di Provinsi Kalimantan Tengah diperkirakan terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang hingga pukul 03.00 WIB.

Daerah yang dikeluarkan peringatan dini yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Katingan, Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Selanjutnya Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Selatan.

Itulah peringatan dini BMKG untuk sejumlah wilayah yang berpotendsi terjadi hujan lebat. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait