Sains

Lagi, Ditemukan Kucing Positif Terinfeksi Virus Corona COVID-19

Meski begitu, belum ada bukti kucing bisa menularkan virus corona ke manusia.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi kucing. (Pixabay/ Uschi Duguli)
Ilustrasi kucing. (Pixabay/ Uschi Duguli)

Hitekno.com - Ternyata bukan cuma manusia yang bisa positif terinfeksi virus corona baru SARS-CoV-2 yang memicu penyakit COVID-19. Kucing ternyata juga bisa terinfeksi virus mematikan ini.

Seperti seekor kucing peliharaan di Hong Kong ini, yang positif terinfeksi virus corona, demikian diwartakan Channel News Asia, Rabu (1/4/2020).

Kucing malang itu terinfeksi virus corona mengikuti pemiliknya yang juga sebelumnya sudah terkonfirmasi tertular virus tersebut.

Meski demikian, departemen agrikultur dan perikanan Hong Kong menegaskan bahwa kucing tersebut belum menunjukkan gejala sakit.

Dalam pengumuman resminya departemen tersebut juga mengatakan bahwa belum ada bukti binatang peliharaan seperti kucing atau anjing bisa menularkan virus corona ke manusia. Karenanya para pemilik binatang tersebut tak perlu menelantarkan peliharaan mereka.

Ilustrasi Kucing. (pixabay/male96)
Ilustrasi Kucing. (pixabay/male96)

 

Organisasi kesehatan dunia, WHO, juga sudah menegaskan bahwa tak ada bukti anjing, kucing, dan binatang peliharaan lain bisa menularkan COVID-19.

Kucing itu sendiri adalah binatang ketiga yang positif terjangkit virus corona di Hong Kong. Sebelumnya dua ekor anjing di Hong Kong juga terinfeksi ringan COVID-19. Adapun kucing ini akan terus dipantau dan dites kesehatannya.

Sampel yang diambil dari mulut, hidung, dan anus kucing tersebut menujukkan ada infeksi virus corona baru Sars-Cov-2, setelah binatang itu dikarantina pada 30 Maret kemarin.

Selain di Hong Kong, kasus serupa juga pernah dilaporkan di Belgia. Di negara itu seekor kucing juga dilaporkan terinfeksi COVID-19 dari pemiliknya.

Itulah kejadian ditemukannya seekor kucing yang juga bisa positif terinfeksi virus corona COVID-19, tak hanya manusia. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait