Sains

4 Berita Terkini: Kapan Puncak Penyebaran Virus Corona di Indonesia?

Peneliti prediksi puncak penyebaran virus corona di Indonesia terjadi pada masa lebaran.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

Hitekno.com - Saat ini dunia termasuk Indonesia sedang bergelut melawat pandemi virus corona COVID-19. Kapan terjadi puncak penyebaran virus corona di Indonesia ini?

Joko Hariyono, seorang peneliti mencoba untuk memprediksi puncak penyebaran virus corona baru COVID-19 di Indonesia.

Menurut prediksinya, puncak penyebaran virus corona di Indonesia akan terjadi pada Mei hingga Juni 2020 mendatang.

Di lain sisi, ada ilmuwan yang menjajal untuk menghitung berapa nyawa yang telah diselamatkan berkat pemberlakuan physical distancing.

Prediksi puncak penyebaran virus corona di Indonesia dan perhitungan berapa nyawa yang terselamatkan berkat physical distancing termasuk dalam berita terkini yang sedang ramai.

Lebih lengkapnya, berikut empat berita terkini pilihan HiTekno.com terkait pandemi virus corona COVID-19 hari ini, Selasa (31/3/2020).

1. Peneliti Prediksi Lebaran Jadi Puncak Penyebaran Virus Corona di Indonesia

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

 

Peneliti yang juga ASN di Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta itu menggunakan metode prediksi berbasis konteks dalam menentukan periode puncak penyebaran corona.

Hasil penelitian yang digunakan Joko Hariyono ini berdasarkan data harian corona di Indonesia per 21 Maret 2020.

"Dari perolehan data tersebut dihasilkan prediksi periode puncak terjadi antara 70 sampai 100 hari dari kasus pertama ditemukan," kata Joko Hariyono.

Baca selengkapnya...

2. Ilmuwan Hitung Berapa Nyawa yang Terselamatkan Berkat Physical Distancing

Ilustrasi Physical Distancing. (Pixabay)
Ilustrasi Physical Distancing. (Pixabay)

 

Badan kesehatan dunia atau WHO, telah meminta dilakukan physical distancing dalam rangka mencegah penyebaran virus corona COVID-19. Seberapa efektifkah cara ini?

Imbauan melakukan physical distancing ini membuat sepertiga orang-orang di rumah diyakini telah menetap dan beraktivitas di rumah.

Keputusan pribadi untuk tetap tinggal di dalam, rupanya dapat berdampak pada kurva melalui kalkulator baru yang dikembangkan oleh ahli matematika.

Baca selengkapnya...

3. Berlapis-lapis, Dokter Ini Tunjukkan Cara Pakai APD sebelum Tangani Pasien

Cara dokter pakai APD. (Instagram/ med__life)
Cara dokter pakai APD. (Instagram/ med__life)

 

Alat Pelindung Diri (APD) jadi peralatan yang sedang dibutuhkan para tenaga medis dalam menangani pasien yang terinveksi virus corona COVID-19. Namun siapa sangka cara pakai APD tidak semudah memakai baju.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memperingatkan tenaga medis yang menangani pasien dengan infeksi Covid-19 untuk selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Baca selengkapnya...

4. Prediksi WHO: Pandemi Virus Corona di Asia Masih Belum Akan Berakhir

Logo WHO. (WHO)
Logo WHO. (WHO)

 

Pandemi virus corona baru atau COVID-19 masih mengkhawatirkan banyak negara.Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO bahkan memprediksi tidak akan cepat selesai.

Menurut prediksi WHO, pandemi virus corona baru di Asia Pasifik masih jauh dari kata selesai. Bahkan risiko penularannya masih terus berlangsung.

Direktur Regional Pasifik Barat WHO Takeshi Kasai mengatakan, pandemi virus corona menjadi pertempuran jangka panjang. Pandemi ini masih lama menuju akhir.

Baca selengkapnya...

Itulah empat berita terkini terkait prediksi puncak penyebaran virus corona di Indonesia dan perhitungan nyawa yang terselamatkan berkat Physical Distancing.

Berita Terkait