Sains

Bertarung Melawan Ular Kobra, Tupai Ini Berhasil Melindungi Anak-anaknya

Ular kobra lebih memilih kabur setelah mengalami pertarungan sengit dengan seekor induk tupai pemberani.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi seekor tupai. (Pixabay/ tpsdave)
Ilustrasi seekor tupai. (Pixabay/ tpsdave)

Hitekno.com - Sudah sebuah naluri tersendiri apabila sang ibu rela mengorbankan nyawanya apabila anak-anaknya dalam kondisi bahaya. Seekor induk tupai ini mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat melawan ular kobra ketika anak-anaknya dalam kondisi terancam.

Sebuah fanspage Facebook bernama "Latest Sightings - Kruger" membagikan sebuah video ketika seekor induk tupai pemberani melawan seekor cape cobra atau ular kobra kuning.

Video yang dibagikan berhasil viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 9.700 Like dan ratusan komentar dari netizen.

Hanya dalam waktu satu hari, video viral ini juga telah dibagikan lebih dari seribu kali.

Cape cobra atau ular kobra kuning (Naja nivea) dikenal sebagai predator utama (selain elang) di kawasan sabana, gurun, dan semi-gurun sekitar Afrika Selatan.

Tupai yang bertarung dengan ular kobra ini bikin netizen kagum. (Facebook/ Latest Sightings - Kruger)
Tupai yang bertarung dengan ular kobra ini bikin netizen kagum. (Facebook/ Latest Sightings - Kruger)

 

Ular kobra kuning termasuk hewan diurnal (aktif di siang hari) dan memangsa sebagian besar spesies yang ada di sabana atau daerah semi-gurun seperti ular lain, tikus, kadal, burung, hingga anak-anak tupai yang tidak berdaya.

Video viral yang dibagikan oleh fanspage "Latest Sightings - Kruger" merupakan kiriman seorang pemandu safari bernama Dave Pusey.

Ketika berada di Jalan Mata-Mata, Kalahari, Afrika Selatan, Dave Pusey terkejut saat melihat ular kobra kuning bertarung dengan seekor tupai.

Ia mengaku kagum dengan keberanian seekor tupai yang ternyata menyimpan anak-anaknya di sekitar daerah itu.

Pertarungan tersebut harus dilakukan mengingat induk tupai tak ingin ular kobra memangsa anak-anaknya.

Sang tupai mencoba menggigit sambil mencakar tubuh ular kobra. Cukup gesit, tupai tersebut berhasil menghindar dari patukan ular kobra dengan "gerakan kungfu".

"Situasinya sangat tegang. Tupai itu terus merayap naik ke ular itu dan ketika sudah cukup dekat, ular tersebut akan melaju ke depan dan menggigit tupai itu. Namun tupai bereaksi terlalu cepat dan berhasil melompat keluar dari jangkauan gigitan setiap saat," kata Dave Pussey kepada LatestSightings.com.

Berakhir bahagia, ular kobra kuning itu akhirnya menemukan lubang dan memilih kabur daripada berkonfrontasi dengan sang tupai.

Tupai di dalam video viral tersebut termasuk "hewan gokil" karena ular lain sekalipun sangat takut apabila harus berhadapan dengan cape cobra atau ular kobra kuning.

Aksi heroik ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Menari bersama iblis untuk menyelamatkan bayinya. Tupai ini pantas disebut sebagai Super Momma," tulis Tanya Homan.

"Pertarungan menakjubkan, keberanian besar dari seekor hewan kecil," komentar Brent Schnupp.

Itulah tadi video viral di Facebook mengenai tupai yang nekat bertarung dengan ular kobra, bagaimana pendapat kamu?

Berita Terkait