Sains

Canggih! YouTuber Ini Jelaskan Teknologi Korsel Rawat Pasien Virus Corona

YouTuber asli Korea Selatan namun lama di Indonesia ini menjelaskan keadaan di Korea Selatan.

Dinar Surya Oktarini

YouTuber Korea Reomit menjelaskan kecanggihan Korsel hadapi virus corona. (YouTube/Korea Reomit)
YouTuber Korea Reomit menjelaskan kecanggihan Korsel hadapi virus corona. (YouTube/Korea Reomit)

Hitekno.com - Wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, China menjadi ancaman di seluruh dunia. Hal ini yang membuat beberapa negara harus mengevakuasi warga negaranya yang ada di China untuk dibawa kembali ke negara masing-masing, termasuk Indonesia dan Korea.

Warga negara yang ada di China sebelumnya ini harus dikarantina sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran yang lebih luas.

Beda negara, beda penanganan terhadap warga negara yang tengah pulang dari China dan dikarantina.

Seperti yang dijelaskan YouTuber Korea Reomit di channel-nya baru-baru ini, di Korea Selatan sendiri penanganan yang baru pulang dari China ini disertai dengan teknologi canggih.

YouTuber Korea Reomit menjelaskan kecanggihan Korsel hadapi virus corona. (YouTube/Korea Reomit)
YouTuber Korea Reomit menjelaskan kecanggihan Korsel hadapi virus corona. (YouTube/Korea Reomit)

 

Menurutnya, pemerintah Korea Selatan sendiri menyiapkan ruangan khusus untuk karantina di daerah bernama Asan, lingkungan tersebut akan disterilisasikan setiap hari.

Tak hanya itu, ruangan pasien yang sudah dipastikan terjangkit virus corona di Korea Selatan di tempatkan di ruangan yang dibagi tiga.

Ruangan pasien virus corona memiliki tekanan yang rendah, sedangkan ruangan sebelahnya bertekanan tinggi dan satu ruangan lagi yang berupa lorong hanya boleh dimasuki 10 perawat terpilih.

Bahkan dokter yang merawat virus corona hanya bisa bekomunikasi lewat video call saja.

Ada alasan mengapa ruangan pasien virus corona dibuat bertekanan rendah, karena menurut ilmu sains, udara berpindah ke tekanan tinggi ke tekanan rendah.

Sehingga virus corona dari pasien yang ada di ruangan bertekanan rendah tersebut tidak akan beralih ke ruangan bertekanan tinggi dan tidak menulari tenaga medis yang ada di sana.

Selain itu, tenaga medis di Korea Selatan harus memakai baju berlapis-lapis dan membutuhkan waktu hingga 30 menit.

Begitu pula saat melepas baju, tenaga medis di sana harus dilepaskan satu persatu, pasalnya usai melepas sarung tangan mereka harus cuci tangan, melepas penutup kepala harus cuci tangan lagi dan begitu terus hingga semuanya steril.

Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga menulusuri jejak pasien terjangkit virus corona melalui CCTV dan memastikan orang yang berinteraksi dan berhubungan langsung dengan pasien langusng dihubungi dan dicek suhu tubuh pagi dan malam secara berkala.

Dalam unggahan video 10 menit tersebut, YouTuber pemilik nama asli Hansoljang ini juga memberikan apresiasinya untuk para tenaga medis yang tengah melawan virus corona.

Berita Terkait