Sains

Menyebar Cepat, Begini Cara Pantau Virus Corona

Untuk terus bisa memantau penyebaran virus corona ini, kamu bisa berkunjung ke situs milik JHU CSSE.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Hitekno.com - Dunia sedang dibuat gempar dengan kemunculan virus corona yang berasal dari Wuhan, China. Menyebar begitu cepat, untuk selalu waspada, kamu bisa memantau penyebaran virus corona ini dengan cara sebagai berikut.

Mengutip Himedik.com, virus corona berasal dari keluarga virus yang menyebabkan flu hingga penyakit serius lainnya. Diduga, penyebaran virus corona ini berasal dari pasar hewan yang ada di Wuhan, China.

Virus corona pada dasarnya hampir mirip dengan Sindrom Pernapasan Timur Tengah atau MERS dan Sindrom Pernapasan Akut Parah atau SARS.

Gejala infeksi virus corona mirip seperti pneumonia. Biasanya penyakit ini muncul dengan gejala di pernapasan seperti sulit bernapas, demam, batuk, gagal ginjal hingga sakit pernapasan akut yang berujung kematian.

Diduga kuat, virus corona sangat mudah menyerang orang lanjut usia dan anak muda dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Virus ini juga rentan dialami oleh orang dengan penyakit saluran pernapasan bawah seperti bronkitis dan pneumonia.

Pantau penyebaran virus corona. (JHU CSE)
Pantau penyebaran virus corona. (JHU CSE)

 

Mengenai penyebaran virus corona, virus ini menyebar dari hewan seperti unta dan kelelawar sebelum selanjutnya ke manusia. Dari manusia ke manusia, virus ini menyebar melalui batuk, bersin, hingga kontak pribadi.

Sejauh ini, sudah ada 2.019 kasus akibat penyebaran virus corona. Beberapa negara yang diserang virus ini sebagian besar adalah China, Thailand, Hongkong, Malaysia, Singapura, Korea, Jepang, Macau, dan beberapa lainnya.

Untuk terus bisa memantau penyebaran virus corona ini, kamu bisa berkunjung ke situs milik JHU CSSE atau klik link ini.

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

 

Dalam situs tersebut akan nampak penyebaran virus corona di beberapa negara di Asia hingga luar Asia, total kasus penyebaran virus corona, total kematian, total kasus yang berhasil disembuhkan, hingga total kematian di masing-masing negara.

Untuk selalu waspada dan terhindar dari penyebaran virus corona, sangat disarankan untuk rutin mencuci tangan, menjaga tubuh terhidrasi dan tutup mulut ketika batuk untuk mencegah penularan virus corona.

Agar lebih waspada, sebaiknya selalu melakukan pengecekan pada situs JHU CSSE di atas untuk mengetahui peta penyebaran virus corona ini. Tenang saja, database situs ini diperbaharui setiap harinya kok.

Berita Terkait