Sains

Berbentuk Paus di Tengah Hutan, Batuan Purba Ini Berumur Puluhan Juta Tahun

Batuan purba ini justru jauh dari kata gersang sehingga menjadi tempat kehidupan hewan dan tanaman sekitarnya.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

3 Whale Rock atau batuan purba yang mirip ikan paus ini membuat netizen kagum. (Facebook/ Maravillas del Planeta Tierra)
3 Whale Rock atau batuan purba yang mirip ikan paus ini membuat netizen kagum. (Facebook/ Maravillas del Planeta Tierra)

Hitekno.com - Batuan purba biasanya menampakkan kesan menyeramkan, gelap, dan berbagai bagian yang tampak kokoh. Tak seperti batuan purba lainnya yang cenderung berbentuk abstrak, batuan purba satu ini justru berbentuk seperti paus di tengah hutan.

Tak hanya satu paus, namun formasi batuan purba bahkan memperlihatkan 3 ekor paus yang sedang berenang di hutan.

Sebuah akun fanspage Maravillas del Planeta Tierra membagikan pemandangan mengenai batuan purba yang berada di atas Gunung Hin Sam Wan di Distrik Phu Sing, Provinsi Buengkan Thailand.

Postingan yang dibagikan berhasil viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 6.500 Like dan ratusan komentar dari netizen.

Sangat unik dan memesona, postingan mengenai batuan purba ini telah dibagikan lebih dari 1.100 kali hanya dalam waktu dua hari saja.

3 Whale Rock atau batuan purba yang mirip ikan paus ini membuat netizen kagum. (Facebook/ Maravillas del Planeta Tierra)bodi
3 Whale Rock atau batuan purba yang mirip ikan paus ini membuat netizen kagum. (Facebook/ Maravillas del Planeta Tierra)bodi

 

Banyak netizen yang menyatakan kekagumannya setelah melihat postingan tersebut.

"Pemandangan yang spektakuler, aku belum pernah melihat seperti ini sebelumnya!" kata Matias Jaume.

"Luar biasa! Betapa mengagumkan ketika melihat alam menciptakan seninya sendiri..," tulis Milton Saavedra Marigorda.

Paus yang berada di tengah hutan itu sebenarnya merupakan formasi batuan purba yang telah berumur lebih dari 75 juta tahun.

Dikutip dari National Geographic, Tourism Authority of Thailand (TAT) telah memasukkan situs tersebut ke dalam 7 Greens.

Itu adalah kumpulan tempat yang termasuk keajaiban alam dan budaya unik yang dilindungi oleh pemerintah Thailand.

Tak seperti batuan purba yang biasanya menempati daerah terpencil dan terpelosok, batuan purba ini bisa dijangkau dan bahkan wisawatan dapat berdiri tepat di atasnya.

Karena keunikannya, tiga formasi batuan purba yang mirip dengan ikan paus tersebut mendapatkan julukan sebagai Three Whale Rock.

Bagi kamu yang takut akan ketinggian, kamu harus berhati-hati apabila mengunjungi Three Whale Rock.

Formasi batuan tersebut memiliki tebing curam dengan ketinggian puluhan meter.

Namun ketika di punggung paus, maka kita bisa melihat pantai Mekong, pegunungan Pakkading di Laos, dan Hutan Phu Wua yang mengelilinginya.

Tak hanya itu, di bagian tepi, terdapat air terjun indah yang melengkapi kesempurnaan dari Three Whale Rock.

Jauh dari kondisi gersang, sekeliling batuan purba justru menjadi tempat berbagai kehidupan tanaman dan hewan.

Batuan purba yang mirip ikan paus yang berenang di atas hutan ini menjadi keajaiban alam dengan seni yang sangat mengagumkan.

Berita Terkait