Sains

Mau Nonton Gerhana Matahari Cincin di Seluruh Dunia? Ini Live Streaming-nya

Kamu bisa melihat Gerhana Matahari Cincin melalui beberapa observatorium di luar negeri melalui link ini.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Ring of Fire. (YouTube)
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Ring of Fire. (YouTube)

Hitekno.com - Hari ini (26/12/2019) warga Bumi akan disuguhi peristiwa astronomi menakjubkan berupa Gerhana Matahari Cincin. Peristiwa itu akan terjadi di sebagian besar wilayah Asia bersama Afrika Utara atau Timur dan Australia Utara dan Barat.

Gerhana Matahari Sebagian akan terjadi di kawasan Asia Pasifik dan Samudera Hindia.

Berdasarkan rilis resmi yang diunggah oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada tanggal 13 Desember 2019, akan ada setidaknya 25 kota dan kabupaten di 7 provinsi di Indonesia yang bisa menikmati Gerhana Matahari Cincin 26 Desember.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilanka, Samudera India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik," tulis BMKG dalam akun Twitter resminya.

Tujuh provinsi yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Sementara wilayah lainnya akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian saja.

Gerhana Matahari Cincin ini masuk ke dalam kategori siklus saros 132 yang merupakan gerhana ke-46 dari total 71 gerhana. Nantinya gerhana ke-47 akan terjadi di 5 Januari 2038 atau sekitar 18 tahun mendatang.

Gerhana Matahari Cincin akan dimulai dari Sabang, Aceh pada pukul 10.03 WIB. Untuk Merauke, Papua, akan terjadi sekitar pukul 14.37 WIT.

Sedangkan puncak Gerhana Matahari Cincin paling awal di Sabang, Aceh terjadi pada pukul 11.45 WIB. Puncak paling akhir dari Gerhana Matahari Cincin di Jayapura terjadi pada pukul 15.51 WIT.

Dikutip dari NDTV, beberapa observatorium internasional di seluruh dunia terutama di Asia, Afrika, dan Australia sudah menyiapkan teleskopnya untuk menyambut peristiwa ini.

Link video yang akan kami bagikan akan membuat kamu bisa melihat Gerhana Matahari Cincin secara live streaming di Dubai, Uni Emirat Arab, Singapura, dan beberapa wilayah di Australia.

Berbeda dengan Gerhana Matahari Total, Gerhana Matahari Cincin atau dikenal sebagai terjadi ketika Bulan Baru (New Moon) berada pada titik terjauh Bumi.

Gerhana Matahari Total seringkali hampir sama gelapnya dengan malam hari, sementara kamu akan melihat sejumlah cahaya dalam kasus Gerhana Matahari Cincin.

Jangan menatap Gerhana Matahari Cincin secara langsung (tanpa pelindung atau kacamata gerhana) karena bisa berakibat fatal pada mata kamu bahkan hingga kebutaan.  

Jika tidak mempunyai alat pelindung semacam kamera lubang jarum, teleskop khusus, atau kacamata gerhana, sebaiknya kamu melihat secara live streaming melalui video di atas.

Untuk melihat Gerhana Matahari Cincin di seluruh Indonesia kamu bisa live streaming melalui link ini.

Berita Terkait