Sains

Ilmuwan Temukan 5.200 Lubang Misterius di Dasar Laut Ini

Untuk dapat meneliti lubang ini, para ilmuwan tersebut menggunakan sensor beresolusi tinggi yang ditempelkan pada kapal selam mini otonom.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)
Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)

Hitekno.com - Ilmuwan belum lama ini menemukan setidaknya 5.200 lubang misterius yang membentang sepanjang 1.300 kilometer persegi di Pantai California Tengah. Penemuan ini jelas saja membuat banyak orang atau bahkan para ilmuwan tersebut penasaran.

5.200 lubang misterius di dasar laut ini berukuran 175 meter dengan kedalaman 5 meter. Mengejutkan rasanya menemukan total lubang misterius dengan angka fantastis ini.

Penemuan ini jelas saja membuat para ilmuwan bertanya-tanya mengenai asal mula kemunculannya yang misterius. Namun, diduga kuat jika lubang-lubang misterius ini sudah ada sejak 400.000 tahun yang lalu.

Dilansir dari Live Science, 5.200 lubang misterius ini pertama kali ditemukan dan dipetakan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) dan beberapa lembaga lain.

Untuk dapat meneliti lubang ini, para ilmuwan tersebut menggunakan sensor beresolusi tinggi yang ditempelkan pada kapal selam mini otonom atau AUV dari NOAA yang super canggih.

Lubang misterius di dasar laut. (MBARI)
Lubang misterius di dasar laut. (MBARI)

 

Terungkapnya penemuan ini untuk pertama kali dalam konferensi tahunan American Geophysical Union (AGU) pada 9 Desember 2019 lalu oleh Charles Paull yang memang dikenal sebagai ahli geologi kelautan dan ilmuwan senior di MBARI.

Selain itu, penemuan ini juga menemukan adanya daerah cekung berbentuk kawah yang berisi limpangan lumpur, daerah ini dikenal juga sebagai Pockmarks. Sedangkan lubang-lubang yang tebentuk disebut sebagai Mikrodepresi.

Penelitian ini menemukan bahwa jumlah Pockmarks lebih sedikit jika dibandingkan dengan Mikrodepresi. Banyaknya Mikrodepresi ini yang lalu membuat menyebabkan kemunculan antiklin dan sinklin.

Lubang misterius di dasar laut. (MBARI)
Lubang misterius di dasar laut. (MBARI)

 

Daerah Pockmarks ini memiliki bentuk yang halus dan berbentuk melingkar sempurna. Sisi lain, Mikrodepresi memiliki sisi yang kasar dan mengerucut ke bawah layaknya ekor.

Lubang misterius ini tercipta kemungkinan akibat adanya aliran cairan di bawah permukaan atau gas metana yang lalu menciptakan kondisi tidak stabil di dasar laut.

Alasan lain terciptanya lubang misterius ini adalah tekstur Laut California yang dekat dengan Big Sur. Big Sur merupakan daerah berbukit yang berada di Central Coast of California dan berada antara Carmel Highlands dan San Simeon.

Mengenai penemuan 5.200 lubang misterius di Laut California ini memang akan terus dilakukan penelitiannya. Penyebab pasti mengenai hal ini memang terus dalam penelitian mendalam.

Berita Terkait