Sains

Usai Badai Reda, Ribuan Ikan Penis Penuhi Pantai

Bandai membawa ikan penis ini muncul ke permukaan pantai.

Agung Pratnyawan

Pantai dipenuhi ribuan ikan penis. (Instagram/ Bay Nature Magazine/ David Ford)
Pantai dipenuhi ribuan ikan penis. (Instagram/ Bay Nature Magazine/ David Ford)

Hitekno.com - Fat innkeeper worm atau lebih dikenal sebagai ikan penis membuat geger warga sekitar Drakes Beach, California, Amerika Serikat. Pasalnya, ribuan ikan aneh ini ditemukan memenuhi pantai.

Dinamakan ikan penis karena wujudnya berbentuk mirip dengan alat kelami pria. Dan sebenarnya, ikan ini masuk kategori cacing laut.

Disadur dari The Guardian, Sabtu (14/12/2019), fenomena ini pertama kali terlihat oleh ahli biologi Ivan Parr pada 6 Desember setelah badai menghantam daerah tersebut. Badai musim dingin melanda California utara.

Menurut majalah Bay Nature, cacing yang berukuran 10 inci (25 cm) ini memenuhi pantai Drakes yang terletak 80 kilometer utara San Francisco.

Ikan ini biasanya bersarang di bawah pasir pantai. Tetapi badai yang membawa gelombang besar menyapu lapisan-lapisan pasir itu dan membuat ikan penis ini muncul ke permukaan.

Ikan penis muncul di pantai California (Kate Montana via instagram @baynaturemagazine)
Ikan penis muncul di pantai California (Kate Montana via instagram @baynaturemagazine/ Kate Montana/ iNaturalist)

 

Foto yang diunggah Bay Nature ke Instagram memperlihatkan burung-burung camar memakan ikan-ikan tersebut.

Untuk diketahui, di Korea Selatan, ikan ini disebut gaebul. Ikan ini biasa dikonsumsi orang Asia, seperti Jepang, Asia dan Korea Selatan yang mengatakan rasanya asin, kenyal dan agak manis.

Menurut laporan Dailymail, ikan penis atau fat innkeeper worm adalah sejenis cacing sendok dengan anggota tubuh mirip bentuk spatula, yang digunakannya untuk makan dan berenang.

Mereka makan bakteri, plankton, dan partikel kecil lainnya yang ditangkap menggunakan semacam jaring lendir.

Ia menghabiskan sebagian besar hidupnya di bawah tanah atau dasar laut yang berlumpur dan berpasir. Ikan penis dapat hidup hingga 25 tahun.

Fenomena yang sama dilaporkan terjadi selama bertahun-tahun di Pajaro Dunes, Moss Landing, Teluk Bodega, dan Pelabuhan Princeton.

Itulah fenomena ikan penis atau Fat innkeeper worm yang membuat geger karena memenuhi pantai Drakes Beach, California, Amerika Serikat. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Berita Terkait