Sains

Sepanjang September 2019, Jupiter dan Saturnus Akan Temani Malam Kamu

Sepanjang September 2019, penyuka astronomi akan dimanjakan dengan penampakan dua planet terbesar di tata surya.

Agung Pratnyawan

Tampilan planet Jupiter pada tahun 2014. (Wikipedia/ NASA)
Tampilan planet Jupiter pada tahun 2014. (Wikipedia/ NASA)

Hitekno.com - Buat kamu penggemar astronomi, sepanjang September 2019 ini akan dipuaskan oleh penampakan dua planet terbesar di tata surya. Karena Jupiter dan Saturnus akan nampak sepanjang bulan ini.

Planet Jupiter dan Saturnus akan terlihat seperti bintang terang berwarna kuning yang tidak berkelap-kelip.

Venus yang diketahui sebagai planet paling terang, sayangnya akan berada terlalu dekat dengan Matahari sepanjang September 2019 sehingga membuat Jupiter akan tampil lebih menonjol sepanjang malam.

Pada September 2019 ini, Jupiter bisa dilihat mulai Matahari terbenam. Penampakannya akan lebih terang dari bintang mana pun di langit.

Jupiter akan terlihat berada di sebelah Bulan mulai pada 6 September 2019 mendatang. Namun, jika ingin melihat fitur Jupiter lebih jelas, pengamat disarankan melihat menggunakan bantuan teleskop.

Tak hanya bisa melihat garis-garis atmosfer pada permukaan Jupiter, pengamat juga bisa melihat empat bulan terbesar milik Jupiter.

Selain Jupiter, planet bercincin pun akan terlihat pada malam di sepanjang September 2019. Saturnus akan berada tidak jauh dari posisi Jupiter di langit Bumi.

Jupiter dan Saturnus. [Shutterstock]
Jupiter dan Saturnus. [Shutterstock]

 

Untuk melihat Saturnus lebih jelas, planet tersebut akan mengalami titik konjungsi atau berada dalam jarak terdekatnya dengan Bulan pada 8 September mendatang.

Sama seperti Jupiter, untuk melihat Saturnus beserta bulan terbesarnya, pengamat harus menggunakan bantuan teleskop.

Dikarenakan hanya Jupiter dan Saturnus yang terlihat di sepanjang September, rupanya planet lainnya seperti Merkurius, Venus, dan Mars berada di seberang Matahari dalam pandangan dari Bumi.

Posisi Jupiter dan Saturnus. [In the sky]
Posisi Jupiter dan Saturnus. [In the sky]

 

Dilansir dari in-the-sky.org, menurut ilustrasi letak atau posisi planet lainnya berada dalam zona merah yang dikategorikan dalam Behind Sun.

Sementara itu, Jupiter dan Saturnus berada dalam zona berwarna biru muda atau masuk ke dalam kategori Visible in Evening. Dengan kata lain, kedua planet raksasa tersebut akan muncul saat sore hari hingga tengah malam.

Apakah kamu siap ditemani planet Jupiter dan Saturnus sepanjang September 2019 ini? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait