Sains

Potret Anjing Laut dan Lumba-lumba Terlilit Sampah Ini Bikin Miris

Dalam potret tersebut, terlihat seekor lumba-lumba yang terlilit sampah alat pancing.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Anjing laut dan lumba-lumba terlilit sampah. (SWNS)
Anjing laut dan lumba-lumba terlilit sampah. (SWNS)

Hitekno.com - Potret anjing laut dan lumba-lumba baru-baru ini mencuri perhatian banyak orang usai diunggah oleh seorang dokter hewan asal Inggris. Dalam potret tersebut, anjing laut dan lumba-lumba ini nampak terlilit sampah yang berada di laut.

Penampakan tidak biasa ini jelas menunjukan bahwa laut yang menjadi ekosistem hewan-hewan ini malah begitu berbahaya dan kadang tidak layak huni karena ulang sampah yang dibuang tidak pada tempatnya.

Dilansir dari Mirror.co.uk, potret ini pertama kali diunggah oleh James Barnett, seorang dokter hewan dari Cornish Seal Sanctuary.

Peduli dengan konservasi laut, dokter ini dibuat kecewa usai menemukan anjing laut dan lumba-lumba yang terlilit sampah.

Potret anjing laut dan lumba-lumba ini sebenarnya diambil pada Desember 2017 lalu.

Namun, dokter hewan ini memilih mengunggahnya lagi agar meningkatkan kesadaran terkait kondisi Bumi yang saat ini semakin penuh dengan sampah.

Anjing laut dan lumba-lumba terlilit sampah. (SWNS)
Lumba-lumba terlilit sampah. (SWNS)

 

Dalam potret tersebut, terlihat seekor lumba-lumba yang terlilit sampah alat pancing. Sedangkan si anjing laut nampak terjerat jaring yang digunakan penangkap ikan.

Kondisi lumba-lumba ini disebutkan menderita karena tidak bisa makan. Mulut hewan ini tertutup oleh jaring yang dibuang oleh manusia.

Sedangkan anjing laut yang ditemukan di Penzance ini harus tenggelam ke dasar laut karena jaring yang melilitnya.

Hewan ini bahkan tidak bisa berenang dan menyelam ke dasar laut dengan bebas karena hal ini.

Anjing laut dan lumba-lumba terlilit sampah. (SWNS)
Anjing laut terlilit sampah. (SWNS)

 

Perlengkapan pancing yang sengaja dibuang manusia menjadi sampah yang cukup meresahkan banyak orang. Pasalnya, dalam sebuah studi, diperkirakan bahwa ada 640 ribu ton peralatan memancing yang memenuhi lautan di Bumi.

James Barnett menjelaskan bahwa perlengkapan pancing seperti tali hingga jaring biasanya sering membuat hewan-hewan ini terperangkap dan tidak mampu terlepas hingga hewan-hewan ini mati.

Karena tidak terlihat saat dibuang ke laut, perlengkapan pancing ini sering kali tidak disadari menjadi pembunuh hewan laut setiap harinya.

Potret anjing laut dan lumba-lumba terlilit sampah yang sengaja ditunjukan James Barnett ini memang menjadi bukti bahwa plastik saat ini menjadi ancaman serius untuk kehidupan hewan dan ekosistem laut.

Berita Terkait