Sains

Sayembara Pecahkan Kode Rahasia Kuno Ini Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Kode rahasia kuno pada permukaan batu ini pertama kali ditemukan sekitar tiga atau empat tahun yang lalu dan hanya terlihat pada saat air surut.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Kode rahasia kuno. (twitter/jack35000)
Kode rahasia kuno. (twitter/jack35000)

Hitekno.com - Sebuah sayembara berhadiah puluhan juta rupiah menjadi perbincangan di sebuah desa di barat laut Prancis. Sayembara tersebut menantang siapa saja yang mengikutinya untuk memecahkan kode rahasia kuno yang dipahat di sebuah batu besar.

Batu dengan pahatan kode rahasia kuno ini ditemukan di sebuah pantai yang berada di dusun Plougastel-Daoulas, Brittany, Prancis.

Kode rahasia kuno pada permukaan batu ini pertama kali ditemukan sekitar tiga atau empat tahun yang lalu dan hanya terlihat pada saat air surut. Banyak yang percaya jika kode tersebut sudah ada sejak 200 tahun yang lalu.

Dikutip dari Live Science, satu sisi batu ini dipahat dengan huruf yang belum pernah diketahui sebelumnya. Huruf dan simbol ini menampilkan gambar perahu layar dan hati. Bersamaan dengan kode tersebut juga terlihat tahun 1786 dan 1787.

Setelah dilakukan penelitian, para akademisi dan ahli arkeologi masih belum bisa memecahkan misteri kode rahasia kuno di batu tersebut.

Penasaran dengan kode rahasia kuno ini, pemerintah kota Prancis membuat sayembara umum berhadiah puluhan juta rupiah. Sayembara ini digelar hingga 30 November 2019 mendatang.

Kode rahasia kuno. (twitter/TerranceKing15)
Sayembara kode rahasia kuno. (twitter/TerranceKing15)

 

Dari penampakan batu tersebut, bagian yang dapat dibaca adalah ''ROC AR B .. DRE AR GRIO SE EVELOH AR VIRIONES BAOAVEL ... R I OBBIIE: BRISBVILAR ... FROIK ... AL''.

Sejauh ini, banyak ilmuwan berpendapat jika batu tersebut merupaka prasasti dengan tulisan terkait pembangunan pertahanan angkatan laut.

Sebelumnya, melihat tahun 1786 dan 1787, sebuah benteng senjata sempat didirikan pada tahun tersebut untuk melindungi Teluk Brest. Namun, benteng tersebut hanya mampu bertahan hingga 1783 dan hancur saat Prancis dan Inggris berperang.

Sayembara untuk pecahkan kode rahasia kuno ini sendiri bernama The Champollion Mystery at Plougastel-Daoulas. Nama sayembara ini dipakai untuk menghormati Jean-Francois Champollion yang merupakan penerjamah hieroglif pada abad ke-19.

Tertarik ikut sayembara untuk pecahkan kode rahasia kuno yang berhadiah puluhan juta rupiah ini? Langsung mendaftar ya.

Berita Terkait