Internet

Tanggapan Pihak Instagram Terkait Remaja yang Bunuh Diri Setelah Polling

Instagram: Kami memiliki tanggung jawab yang mendalam untuk memastikan pengguna Instagram merasa aman.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/lalo Hernandez)
Ilustrasi Instagram. (Unsplash/lalo Hernandez)

Hitekno.com - Remaja berumur 16 tahun asal Malaysia dilaporkan mengakhir hidupnya dengan bunuh diri setelah membuat polling Instagram terlebih dulu.

Melalui polling Instagram, remaja Malaysia ini meminta para pengikutnya untuk menentukan apakah ia melanjutkan hidupnya atau memilih mati.

Dan ternyata hasilnya 69 persen polling Instagram ini memilih untuk mati. Yang akhirnya dituruti oleh remaja perempuan 16 tahun itu.

''Really Important, Help Me Choose D(Die)/L(Life)'' tulis remaja ini dalam polling Instagram yang dibuatnya, seperti dikutip dari World of Buzz.

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ NeONBRAND)
Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ NeONBRAND)

 

Diwartakan Astro Awani, remaja Malaysia ini nekat melakukan bunuh diri pada Senin (13/05/2019) dengan terjun dari lantai tiga di Bandar Baru, Batu Kawa, Malaysia.

''69 persen followers Instagram mendukungnya untuk keputusan tersebut (mengakhiri hidupnya) lewat polling yang dibuatnya sekitar pukul 15.00 kemarin,'' kata Aidil Bolhassan, kepala kepolisian distrik Padawan.

Di samping itu, remaja Malaysia ini juga sempat mempostingkan sejumlah status yang mengindikasikan lelah menjalani kehidupan ini.

Mendengar kabar tersebut, platform berbagi foto dan video Instagram memberikan tanggapan atas berita duka yang mengaitkan platformnya ini.

''Pikiran dan doa kami bersama keluarga wanita muda ini. Kami memiliki tanggung jawab yang mendalam untuk memastikan orang menggunakan Instagram merasa aman. Sebagai bagian dari upaya kami sendiri, kami mendesak semua orang untuk menggunakan alat pelaporan kami untuk menghubungi layanan darurat jika mereka melihat perilaku yang membahayakn keselamatan manusia'' ungkap Ching Yee Wong, kepala komunikasu untuk Insatagram APAC dilansir dari Business Insider.

Instagram mengadopsi langkah-langkah keamanan terbaru pada bulan Februari untuk melindungi pengguna muda di platform dengan lebih baik.

Sebelumnya, banyak kebijakan Instagram dibuat sebagai tanggapan atas kematian bunuh diri Molly Rusell, seorang warga Inggris berusia 14 tahun pada tahun 2017 lalu.

Keluarganya menemukan bahwa ia telah mengikuti beberapa akun Insatagram yang menggambarkan gambar-gambar bunuh diri. Karena penemuan tersebut, ayahnya mengklain bahwa Instagram terkait dalam pembunuhan putrinya.

Berita Terkait