Sains

Dikira Telur, Kadal Australia Ini Telan 6 Bola Golf

Kadal goanna ini merupakan hewan oportunistik yang sangat menyukai telur.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Kadal goanna. (WIRES)
Kadal goanna. (WIRES)

Hitekno.com - Belum lama ini, seekor kadal goanna asal Australia mengalami kejadian apes usai dirinya menelan enam bola golf yang ia kira telur.

Kejadian ini terjadi di daerah Billinudgel, Byron Bay, Australia. Kadal ini tanpa sengaja menelan telur yang berada di peternakan ayam milik warga.

Kadal goanna ini sering disebut sebagai Tiger di daerah asalnya. Berkunjung ke peternakan tersebut, kadal ini malah menelan bola golf yang dengan sengaja diletakkan di peternakan untuk memancing ayam bertelur.

Si penjaga ayam lalu dibuat terkejut usai melihat kadal goanna tersebut dalam kondisi tidak berdaya usai menelan enam bola golf.

Ilustrasi telur. (pixabay/coeleur)
Ilustrasi telur. (pixabay/coeleur)

 

Sadar jika si kadal telah menelan bola golf di peternakannya, penjaga ayam bernama Lachlan ini lalu menghubungi WIRES, kelompok penyelamat satwa liar. Kadal ini lalu ditangani serius oleh pihak WIRES.

Dilansir dari WIRES, kadal goanna ini merupakan hewan oportunistik yang sangat menyukai telur. Berbagai keluhan pernah masuk ke pihak WIRES terkait telur di peternakan yang menghilang.

Pihak WIRES menjelaskan jika asam lambung kadal goanna memang sangat kuat hingga mampu melelahkan bola golf. Akibatnya, kadal goanna tersebut mengalami keracunan hingga mengalami syok berat.

Seorang dokter hewan dari Currumbin Wildlife Hospital menjelaskan jika pada akhirnya kadal goanna ini akhirnya tidak jadi dioperasi. Si kadal akhirnya memuntahkan bola golf yang ia telan tersebut.

Kadal goanna. (WIRES)
Kadal goanna. (WIRES)

 

Sebelumnya, kasus serupa pernah terjadi. Namun, bukan kadal tetapi seekor ular yang memakan bola golf tersebut.

Karena banyak kejadian serupa, WIRES mengharapkan agar para peternak ayam untuk memastikan kandang ayam agar aman dari predator dan satwa liar lainnya.

Perlu keamanan kandang yang cukup rapat agar kadal goanna tidak lagi masuk ke lokasi peternakan ayam untuk mencari telur.

Selain itu, dokter hewan ini menyarankan agar para peternak ayam meletakkan telur asli bukan lagi bola golf.

Kejadian kadal goanna yang memakan enam bola golf ini cukup menggemparkan. Sehingga pihak WIRES dan dokter hewan mengharapkan penanganan serius dari para peternak ayam.

Berita Terkait