Sains

Pakai Kamera dan Teleskop Seadanya, Astronom Amatir Pamer Foto Menakjubkan

Ken Lawson dikejutkan dengan keberuntungannya ini.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

ISS melintasi Bulan. (facebook/Ken Lawson)
ISS melintasi Bulan. (facebook/Ken Lawson)

Hitekno.com - Ken Lawson, seorang astronom amatir asal Geraldton, Australia bagian barat belum lama ini pamer foto menakjubkan saat Stasiun Antariksa Internasional (ISS) tertangkap kamera sedang melintas di depan Bulan.

Momen ini merupakan hal yang langka. Pasalnya, membutuhkan waktu delapan tahun untuk dapat menangkap momen istimewa tersebut.

Dilansir dari The Guardian, Ken Lawson diketahui memang sudah tertarik mempelajari dunia astronomi dan fotografi sejak kecil. Wajar jika momen ini menjadi pencapaian terbesarnya.

Tepat pada Kamis (14/3/2019) lalu, Ken Lawson sukses mendapat potret ISS saat melewati Bumi dan Bulan. Untuk menangkap momen ini, Ken Lawson hanya menggunakan kamera dan teleskop sederhana.

ISS melintasi Bulan. (facebook/Ken Lawson)
ISS melintasi Bulan. (facebook/Ken Lawson)

 

Terinspirasi dari beberapa orang yang juga melakukan hal yang sama, Ken Lawson dikejutkan dengan keberuntungannya ini.

Untuk mendapatkan potret keren ini, Ken Lawson perlu mencari spot terbaik yang tidak terlalu jauh dari rumahnya. Sambil menunggu, dirinya rupanya beruntung pada Kamis lalu tersebut.

Sedikit menjelaskan, ISS memiliki panjang sekitar 100 meter dan lebar 72 meter. Biasanya stasiun ini mengorbit dalam jarak 300 kilometer hingga 435 kilometer di atas Bumi dan bergerak dengan kecepatan 27.600 kilometer per jam.

ISS melintasi Bulan. (facebook/Ken Lawson)
ISS melintasi Bulan. (facebook/Ken Lawson)

 

Hal ini yang membuat ISS sangat sulit difoto. Dari Bumi, untuk dapat memotret penampakan ini, hanya membutuhkan waktu 0,3 detik saat ISS melintasi Bumi.

Menggunakan kamera Canon 5D Mark IV dan teleskop manual delapan inci, Ken Lawson sukses menangkap momen penting ini.

Sangat senang dengan hasil karyanya, Ken Lawson juga mengaku sangat senang ketika dunia mengapresiasi karyanya. Ia juga berjanji untuk segera melakukan proyek selanjutnya.

Ken Lawson lalu pamer foto menakjubkan saat Stasiun Antariksa Internasional (ISS) melintasi Bumi ini di akun Facebook miliknya yang bernama Ken Lawson Photography.

Berita Terkait