Sains

Google Doodle Rayakan Olga Ladyzhenskaya, Inilah Kisah Hidupnya

Ternyata Olga Ladyzhenskaya sempat ditolak masuk universitas, kenapa?

Agung Pratnyawan

Matimatikawan Rusia, Olga Ladyzhenskaya dirayakan Google Doodle. (Google)
Matimatikawan Rusia, Olga Ladyzhenskaya dirayakan Google Doodle. (Google)

Hitekno.com - Google Doodle merayakan ulang tahun Olga Ladyzhenskaya yang ke-91. Siapa sebenarnya Olga Ladyzhenskaya ini? Kenapa sosoknya hingga diabadikan Google?

Olga Ladyzhenskaya adalah matematikawan Rusia dan Uni Soviet yang telah menghasilkan banyak karya dalam persamaan diferensial parsial dan dinamika fluida.

Doodle Olga Ladyzhenskaya sendiri bernuansa kuning pekat dengan simbol matematika mengenai persamaan diferensial parsial di bawahnya.

Bentuk Google Doodle Olga Ladyzhenskaya berbentuk elips untuk memberikan penghormatan kepada karyanya yang melibatkan persamaan eliptik linear dan kuadearin.

Pada bagian tengah doodle, Google juga menggambar wajah Olga Ladyzhenskaya bergaya animasi.

Matimatikawan Rusia, Olga Ladyzhenskaya dirayakan Google Doodle. (MFO/ Konrad Jacobs)
Matimatikawan Rusia, Olga Ladyzhenskaya dirayakan Google Doodle. (MFO/ Konrad Jacobs)

 

Kecintaan Olga Ladyzhenskaya terhadap matematika sendiri didapat dari ayahnya yang seorang ahli matematika.

Sayangnya, ketika Olga Ladyzhenskaya baru berusia 15 tahun, ayahnya dipenjara dan dieksekusi oleh otoritas Soviet yang menuduhnya sebagai musuh negara. Keluarganya kemudian bertahan hidup dengan menjual pakaian, sepatu, dan sabun.

Setelah bertahun-tahun mengajar matematika untuk siswa SMP, Olga Ladyzhenskaya akhirnya mendapat kesempatan untuk kuliah di Universitas Negeri Moskow, setelah ditolak Universitas Negeri Leningrad karena nama keluarganya.

Di Universitas Negeri Moskow, ia belajar di bawah bimbingan ahli matematika terkenal Ivan Petrovsky. Olga Ladyzhenskaya memperoleh gelar PhD dan diangkat menjadi kepala Laboratorium Fisika Matematika di Institut Matematika Steklov.

Olga Ladyzhenskaya telah menulis lebih dari 250 makalah, meskipun yang paling terkenal dari karyanya adalah metode dalam menyelesaikan persamaan diferensial parsial. Ia telah menjadi anggota Mathematical Society St. Petersburg sejak 1959.

Olga Ladyzhenskaya diakui oleh banyak lembaga internasional dan dianugerahi Medali Emas Lomonosov oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada tahun 2002 atas kontribusinya bagi dunia matematika.

Olga Ladyzhenskaya meninggal di usia 81 tahun pada 12 Januari 2004 di St. Petersburg, Rusia.

Tak hanya di Indonesia, Google doodle Olga Ladyzhenskaya juga muncul di Rusia, Amerika Serikat, Meksiko, Honduras, Guatemala, Nicaragua, Dominican Republic, Venezuela, Kolombia, Ekuador, Panama, Peru, Bolivia, Chile, Paraguay, Argentina, New Zealand, Australia, Vietnam, India, Bulgaria, Serbia, Kroasia, Inggris, Irlandia, Iceland, dan Swedia.

Itulah sosok Olga Ladyzhenskaya yang ulang tahunnya dirayakan Google Doodle. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait