Sains

Penemuan Kerangka Orang Romawi dengan Kepala Berada di Bagian Kaki

Makam Romawi kuno ini ditemukan di desa Great Whelnetham, Suffolk, Inggris.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Makam romawi kuno. (Archaeological Solutions)
Makam romawi kuno. (Archaeological Solutions)

Hitekno.com - Belum lama ini para arkeolog berhasil menemukan sebuah makam Romawi kuno di Inggris yang diduga berasal dari abad ke-4. Makam Romawi ini berisi 52 kerangka. 17 dari 52 kerangka ini ditemukan dengan posisi tengkorak kepala berada di bagian kaki.

Makam Romawi kuno ini ditemukan di desa Great Whelnetham, Suffolk, Inggris. Awalnya lokasi ini direncanakan untuk digunakan dalam pembangunan rumah.

Jauh sebelum ditemukannya makam Romawi kuno ini, pada 1964, ditemukan pemukiman Romawi di sana. Beberapa barang yang berhasil ditemukan adalah koin, makam, hingga tembikar.

Penemuan makam Romawi kuno ini terasa berbeda dari yang lain karena penemuan tengkorak kepala yang diletakkan berada di bagian kaki kerangka tersebut.

Makam romawi kuno. (Archaeological Solutions)
Makam romawi kuno. (Archaeological Solutions)

 

Hingga saat ini, para peneliti masih belum mengetahui alasan mengapa tengkorak kepala tersebut bisa berada di antara kaki kerangka.

Andy Peachey, seorang arkeolog dari Archeological Solutions mencoba untuk melakukan ekskavasi di lokasi makam ini.

Dilansir dari Live Science, arkeolog ini mengungkapkan bahwa pemenggalan kepala mungkin saja dilakukan pada saat itu sebagai bagian dari ritual pemakaman. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, proses pemenggalan ini rupanya hal yang dilakukan setelah kematian.

Hal ini berdasarkan penemuan sayatan di leher yang dilakukan dengan rapi dan tepat di belakang rahang. Pasalnya, jika benar merupakan eksekusi mati, maka leher korban akan dipotong lebih rendah dengan penuh kekerasan.

Makam romawi kuno. (Archaeological Solutions)
Makam romawi kuno. (Archaeological Solutions)

 

Walaupun begitu, makam Romawi ini cukup membuat bingung para arkeolog karena 60 persen kerangka yang dikuburkan di daerah tersebut ada dalam keadaan aneh.

Beberapa kerangka ditemukan dalam posisi berjongkok dengan kepala di bawah atau bahkan ada yang berbaring telentang dengan kepala terlepas dari badan dan diletakan di antara kaki.

Masih menimbulkan banyak pertanyaan dan perdebatan, penemuan kerangka orang Romawi dengan kepala berada di bagian kaki ini masih dalam penelitian lebih lanjut oleh para arkeolog yang terlibat. Kita nantikan kabar selanjutnya ya.

Berita Terkait