Sains

Lebih Seru, Ayah Ini Ajarkan Sains ke Anaknya Pakai Cara Unik

Belajar sambil bermain seru juga nih.

Dinar Surya Oktarini

Cara asik ajarkan sains ke anak-anak. (Instagram/@thedadlab)
Cara asik ajarkan sains ke anak-anak. (Instagram/@thedadlab)

Hitekno.com - Belajar sekaligus bermain merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk orang orang tua mengajarkan sesuatu yang rumit ke anak-anak.  Berbeda dengan orangtua pada umumnya yang mengajak anaknya main ke mall, Sergei Urban mengajari dua anaknya sains dengan cara asik.

Ayah asal London ini punya pendekatan bermain dengan anak yang cukup unik. Ia bisa mengubah objek benda sehari-hari menjadi eksperimen sains yang keren, yang tentunya sangat disukai oleh anak-anak. 

"Aku adalah ayah pada umumnya yang tidak punya latar belakang ilmuwan atau guru, tapi aku bisa melakukannya. Kalau aku bisa, kamu juga bisa," ungkapnya dilansir dari Insider.

Meski begitu, Sergei mampu mendidik dua anaknya, yakni Alex dan Max dengan cara-cara yang menyenangkan sehingga terlihat seperti bermain bersama.

Sergei Urban dan anaknya. (Instagram/@thedadlab)
Sergei Urban dan anaknya. (Instagram/@thedadlab)

 

Melalui akun Instagram, Facebook, YouTube dan website yang dinamai TheDadLab, dia mengunggah video kegiatan mereka.

Semua video itu memperlihatkan Sergei mengajari banyak bidang sains, percobaan sederhana pada kedua anaknya  Alex dan Max, seperti fisika, kimia, engineering hingga astronomi.

Bersama-sama, mereka membuat kreasi-kreasi sains sederhana dengan bahan dan peralatan yang bisa sangat mudah dan kita miliki di rumah.

Contohnya saat mengajarkan gaya magnet menggunakan setumpuk klip, buku dan sebuah magnet.

Sergei Urban dan anaknya. (Instagram/@thedadlab)
Sergei Urban dan anaknya. (Instagram/@thedadlab)

 

"Kalau kamu punya waktu luang di hari Minggu dan kamu punya pasta dan adonan di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk aktivitas konstruksi bangunan dan bersenang-senang dengan anak-anakmu," ucap Sergei.

Karena dinilai positif dan edukatif, pengikut mereka terus bertambah. Konten-konten yang dia unggah pun banyak yang viral ditonton jutaan viewers karena sangat bermanfaat bagi para orang tua dan guru.

Sergei sendiri pernah bekerja sebagai manajer ekspor-impor perusahaan kacang dan buah kering di Latvia. Kini dia konsen menjadi web developer sebuah studio desain dan dinobatkan menjadi salah satu social media influencer karena konsistensinya di bidang parenting.

''TheDadLab adalah tentang memiliki ide sederhana, bersenang-senang dan membuat kenangan,'' tambahnya.

Gimana menurut kamu nih guys, asik juga kan belajar sains sekaligus bermain seperti ini?

Artikel ini sebelumnya telah dimuat di Dewiku.com dengan judul Gemes, Ayah Ini Mengajari Sains Anaknya dengan Cara Asik.

Berita Terkait