Sains

Pelihara Kaktus, Ini Deretan Manfaatnya yang Baik untuk Kesehatan

Yuk beli kaktus yuk.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi Kaktus. (pexels/Alizee Marchand)
Ilustrasi Kaktus. (pexels/Alizee Marchand)

Hitekno.com - Kehadiran tanaman di sekitarmu memang memberikan efek tenang dan menyenangkan walaupun kamu sejatinya tidak terlalu menyukai tanaman. Kesan hijau membuatmu merasa cukup sejuk kan? Salah satu tanaman praktis yang ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan adalah kaktus.

Apalagi untuk kamu millenial, kaktus seolah berubah menjadi tanaman kekinian yang begitu digemari. Bentuknya yang unik dan beragam membuat tanaman ini sangat tepat digunakan sebagai dekorasi ruangan dan meja kerja.

Walaupun kecil dan sederhana, rupanya kaktus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit lho.

Manfaat pertama adalah sebagai bentuk detoksifikasi. Kandungan taurin pada air yang berada di batang kaktus ternyata dapat sangat membantu proses detoksifikasi tubuh.

Ilustrasi Kaktus. (pexels/Fancycrave.com)
Ilustrasi Kaktus. (pexels/Fancycrave.com)

 

Sebagai manusia, proses detoksifikasi sangat penting untuk dilakukan karena mampu mengeluarkan racun-racun yang menumpuk dalam tubuh.

Manfaat berikutnya adalah untuk melembabkan kulit. Walaupun bentuknya terlihat tidak ramah untuk kulit, rupanya kaktus sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan karena mampu melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Cara penggunaannya mudah, kamu hanya perlu menggunakan batang atau daging kaktus yang sudah dibersihkan, potong-potong, dan letakkan pada wajah.

Ilustrasi Kaktus. (pexels/Scott Webb)
Ilustrasi Kaktus. (pexels/Scott Webb)

 

Selanjutnya untuk menyembuhkan gigitan serangga. Kaktus rupanya memiliki kandungan turamine dan hordenine yang bisa menjadi penawar racun dari gigitan serangga.

Rasa gatal dan ruam yang terasa karena efek gigitan serangga rupanya dapat ditangani dengan kaktus. Caranya dengan menumbuk halus batang kaktus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang digigit.

Manfaat selanjutnya dari kaktus adalah untuk mencegah tumor dan kanker. Kaktus yang mengandung antioksidan ini ternyata sangat baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan berbagai penyakit berbahaya.

Salah satu penyakit berbahaya yang mampu ditangani oleh kaktus adalah tumor yang berpotensi berkembang menjadi sel kanker.

Ilustrasi Kaktus. (pexels/Min An)
Ilustrasi Kaktus. (pexels/Min An)

 

Manfaat lainnya dari kaktus adalah mampu menjaga kesehatan mata. Tanaman kecil ini ternyata memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak.

Kandungan ini dapat membantu menjaga dan memperbaiki kesehatan mata siapa saja yang berada di sekelilingnya.

Itu tadi deretan manfaat kaktus yang sangat baik untuk kesehatan. Yuk sediakan kaktus sebagai hiasanmu rumah atau kantor kamu, agar terhindar dari ancaman-ancaman mengerikan di atas.

Berita Terkait