Sains

Kepala Ayam Tanpa Tubuh, Hewan Aneh Ini Hidup di Laut Dalam

Ini hantu atau hewan laut ya, kok ngeri banget bentuknya?

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Kepala ayam tanpa tubuh di laut. (NOAA via ABC Science)
Kepala ayam tanpa tubuh di laut. (NOAA via ABC Science)

Hitekno.com - Australian Antarctic Division (AAD) atau dikenal sebagai Divisi Antartika Australia berhasil merekam hewan aneh di laut dalam. Bagaimana tidak aneh, hewan ini berbentuk seperti kepala ayam tanpa tubuh.

Setelah diteliti oleh ilmuwan, hewan aneh ini ternyata sebuah timun laut yang sedang mencari makan di kedalaman laut wilayah Samudra Selatan.

Teripang atau timun laut ini dikenal dengan nama ilmiah Enypniastes eximia. Ilmuwan berhasil menangkap pemandangan langka saat melakukan penelitian menggunakan kapal bawah laut di Antartika.

Seorang ilmuwan yang bernama Dirk Welsford mengaku bahwa ia menemukan hewan aneh ini di laut dalam dengan jarak 3 kilometer dari permukaan laut.

Kepala ayam tanpa tubuh itu diketahui sedang mencari mangsa di laut dalam tepat di bawah Pulau Heard.

''Kami belum pernah melihat benda ini sebelumnya. Pada saat itu, tidak ada dari kami yang benar-benar tahu apa itu, jadi kami melakukan apa yang dilakukan banyak ilmuwan dan mencari tahu,'' kata Dr Welsford dalam sebuah penjelasan.

Timun laut saat mengambang di kedalaman. (AAD)
Timun laut saat mengambang di kedalaman. (AAD)

 

Dikutip dari ABC Science, timun laut yang tinggal di laut dalam biasanya memakan plankton dan memiliki ''sayap'' atau sirip mirip dengan kelelawar.

Namun jika diperhatikan dari samping, kombinasi sayap dan tubuh timun laut yang meringkuk hampir sama dengan bentuk kepala ayam tanpa tubuh.

Ia berwarna ungu cerah dan memiliki ukuran seperti bola basket. Ilmuwan mengatakan bahwa hewan ini merupakan salah satu hewan spektakuler yang pernah mereka lihat.

Cara berburu timun laut yang satu ini juga cukup kreatif. Mereka sengaja ''menjatuhkan'' diri ke dalam laut dalam dan meringkuk mengikuti gelombang laut.

Kamera yang digunakan untuk mengamati hewan aneh berbentuk kepala ayam. (AAD)
Kamera yang digunakan untuk mengamati hewan aneh berbentuk kepala ayam. (AAD)

 

Sebagian timun laut memang tidak bisa berenang dan cara tersebut merupakan cara efektif mereka untuk mencari makan.

Setelah melihat dan meniliti hewan aneh ini, sebagian dari ilmuwan tertawa karena selain memiliki bentuk aneh, hewan ini juga anggun.

Ayam tanpa tubuh yang bergentayangan di laut dalam dikenal sebagai penari Spanyol. Itu karena gerakan anggunnya dan cara mereka mengikuti arus menyerupai ''gaun flamenco''.

Penemuan hewan aneh ini semakin membuat manusia tahu ternyata di laut dalam masih bersembunyi banyak hewan misterius.

Berita Terkait