Sains

Ilmuwan Temukan Gigi Hiu Purba Raksasa, Umurnya 25 juta tahun

Ukuran badannya mampu memakan ikan paus.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Gigi hiu kuno raksasa. (BGR)
Gigi hiu kuno raksasa. (BGR)

Hitekno.com - Kita harus bersyukur karena hidup di tahun 2018. Ilmuwan baru saja menemukan gigi hiu purba raksasa yang ukurannya tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Apabila kita berenang dengan ikan hiu purba, sepertinya kita langsung disedot tanpa perlu dikunyah.

Ukuran satu gigi yang ditemukan menyamai ukuran kepalan tangan orang dewasa. Bisa dibayangkan apabila satu giginya saja sebesar itu, mulut hiu purba pasti sangatlah besar.

Di zaman modern ini kita harus takut dengan hewan hiu dari jenis "great white shark" yang ukurannya sekitar 15 kaki atau 4,6 meter.

Dikutip dari BGR, para peneliti dari Australia baru saja menemukan satu set gigi hiu yang akan membuat hiu putih tampak sangat kecil.

Ilmuwan memperkirakan bahwa hiu ini hidup di lautan 25 juta tahun yang lalu. Satu set gigi tersebut merupakan contoh terbaik dari spesies hiu prasejarah.

Gigi hiu kuno raksasa. (BGR)
Gigi hiu purba raksasa. (BGR)

 

Mereka memperkirakan spesies hiu purba raksasa ini memiliki panjang 31 kaki atau 9,4 meter. Hal yang membuat kita kaget adalah ukuran tersebut ternyata bukan ukuran maksimum hiu purba.

Pasalnya setelah satu set gigi itu diteliti lebih lanjut, mereka menyimpulkan bahwa hiu purba itu belum dewasa saat mati. Diprediksi jika sudah mencapai usia dewasa, hiu purba dapat mencapai ukuran yang lebih besar lagi.

Dengan ukuran yang bisa mencapai lebih dari 2 kali lipat, hiu zaman sekarang mungkin hanya akan menjadi cemilan hiu purba. Hiu purba raksasa diklasifikasikan oleh para ilmuwan sebagai spesies Carcharocles Angustidens.


Penemuan Gigi Hiu Purba  di Australia. (Youtube/ Museums Victoria)

Gigi yang ditemukan berukuran 2,7 inci dengan tepi bergerigi dan sudut yang tajam. Hewan pembunuh ini akan memburu hewan air lainnya seperti penguin atau paus kecil.

Philip Mullaly, seorang peneliti yang menemukan gigi tersebut akan membagikan pada khalayak umum.

Gigi hiu purba raksasa rencananya akan dipamerkan di Museum Victoria, Australia sampai tanggal 7 Oktober.

Berita Terkait