Sains

Ditemukan Bukti Roti Tertua di Dunia Berusia 14 Ribu Tahun

Sebelumnya roti tertua di dunia ditemukan di Catalhoyuk, Turki dan berusia sekitar 9.100 tahun lalu.

Agung Pratnyawan

ilustrasi roti [pixabay].
ilustrasi roti [pixabay].

Hitekno.com - Para ilmuwan telah berhasil menemukan apa yang mereka sebut sebagai roti tertua di dunia setelah meneliti sepasang tungku purba di sebuah situs purbakala di Timur Tengah, tepatnya di Gurun Hitam, Yordania.

Dua tungku yang berdiameter sekitar beberapa milimeter itu, berdasarkan pengkuran menggunakan metode radiokarbon, diperkirakan digunakan oleh nenek moyang manusia sekitar 14.000 tahun silam.

Dalam dua tungku itu para ilmuwan menemukan sisa kerak-kerak roti yang dibakar.

"Roti tadinya dikira sebagai produk para petani, masyarakat yang sudah menetap, tetapi bukti yang kami temukan di Yordania menunjukkan bahwa (keterampilan membuat roti) mendahului periode bertani... sekitar 3.000 tahun lebih awal," jelas Tobias Richter, ilmuwan dari Universitas Copenhagen, Denmark.

Menurut Richter, masyarakat Timur Tengah mulai mengenal pertanian dan meninggalkan gaya hidup berburu dan mengumpulkan sekitar 8.000 tahun silam.

"Jadi roti mulai dibuat oleh para pemburu, sebelum mereka mulai menanam benih," imbuh Richter, yang penelitiannya tentang temuan roti ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Tungku lengkap dengan kerak roti itu sendiri ditemukan dalam penggalian di situs Gurun Hitam ditemukan Richter dkk dalam penggalian di tahun 2012 dan 2015.

Dua tungku yang mereka temukan diduga milik Natufian, sebuah masyarakat yang masih hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan biji-biji tumbuhan liar.

Dari tungku-tungku itu, tim peneliti juga menemukan 642 kerak yang setelah diteliti mirip dengan roti.

"Itu adalah kerak roti, mirip dengan yang biasa ditemukan di dalam wadah pemanggang roti kalian di rumah," jelas Richter, sembari menambahkan bahwa adonan kemungkinan dipanggang di atas bara atau di atas batu yang dipanaskan.

Sebelumnya roti tertua di dunia ditemukan di Catalhoyuk, Turki dan berusia sekitar 9.100 tahun lalu.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Ilmuwan Temukan Bukti Roti Tertua di Dunia Dibuat di Timur Tengah.

Berita Terkait