Sains

Ini 5 Penghuni Sungai Amazon yang Paling Mengerikan, Serem Abis

Nomor 1 paling populer.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Hewan paling mengerikan di Sungai Amazon. (Listverse)
Hewan paling mengerikan di Sungai Amazon. (Listverse)

Hitekno.com - Sungai Amazon bersumber dari dataran tinggi inter- Andes yang memiliki jarak cukup dekat dengan Samudera Pasifik. Aliran sungai ini bisa menempuh jarak 7.200 kilometer melalui hutan pedalaman Peru dan melintasi Brazil hingga masuk ke Samudera Atlantik.

Kamu pasti mengenal Sungai Amazon sebagai sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil.

Kawasan Sungai Amazon sendiri masuk menjadi salah satu kawasan paling berbahaya di dunia. Gimana nggak berbahaya, di sungai ini kamu akan menemukan berbagai hewan mengerikan yang sulit kamu temui di daerah lain.

Untuk membuka daftar panjang penghuni Sungai Amazon yang paling mengerikan, berikut beberapa di antaranya yang sudah tim HiTekno rangkum untuk kamu.

1. Ikan Piranha

Ikan Piranha. (Listverse)
Ikan Piranha. (Listverse)

 

Kamu pasti sudah tidak asing dengan keganasan ikan piranha ini. Pasalnya di berbagai film Amerika, banyak dipertontonkan keganasan hewan yang satu ini.

Piranha seolah menjadi simbol terkenal dari Sungai Amazon. Bukan karena memiliki tampilan yang unik atau apapun, ikan piranha terkenal sebagai salah satu hewan paling berbahaya di daerah tersebut.

Biasanya, ikan piranha akan memburu secara berkelompok dan hanya menyerang saat korbannya sedang dalam keadaan terluka.

Jika jatuh ke dalam kubangan ikan piranha, siap-siap habis tanpa tulang menjadi santapan hewan ini.

2. Anaconda Hijau

Anaconda Hijau. (Listverse)
Anaconda Hijau. (Listverse)

 

Sungai Amazon menjadi habitat asli dari ular terbesar di dunia yaitu anaconda. Jika piton terkenal sebagai ular terpanjang di dunia, anaconda justru adalah ular terbesar dan terberat di dunia.

Ular anaconda betina mampu memiliki berat hingga 250 kg, panjang 9 meter dan diameter tubuh 30 cm. Jauh lebih besar dari si jantan.

Anaconda memang tidak memiliki racun, namun tubuhnya yang besar ini mampu melilit tubuh mangsanya hingga mati lemas karena kekurangan oksigen.

Jangan sampai bertemu dengan hewan ini di Sungai Amazon ya.

3. Ikan Candiru

Ikan Candiru. (Listverse)
Ikan Candiru. (Listverse)

 

Walaupun berukuran kecil, ikan candiru ternyata cukup mengerikan untuk manusia. Ikan ini sangat tertarik dengan air seni.

Jika kamu sedang membuang urin di Sungai Amazon, hal ini akan langsung memancing datangnya ikan candiru. Ikan candiru ini akan masuk melalui saluran urin untuk menghisap darah korban.

Sebelumnya, seorang pria membutuhkan operasi untuk segera melepaskan ikan kecil ini dari saluran urinnya.

4. Belut Listrik

Belut Listrik. (Listverse)
Belut Listrik. (Listverse)

 

Wajib banget untuk kamu jaga jarak dengan hewan satu ini. Belut listrik ini memiliki panjang 2,5 meter dan mampu menghantarkan aliran listrik dengan kekuatan 600 volt kepada korbannya.

Sengatan listrik ini memang tidak langsung dapat membunuh korbannya. Namun, siap-siap terkena serangan jantung usai tersengat ya.

Beberapa kasus orang hilang di Sungai Amazon karena diserang dengan sengatan listrik dari belut ini, pingsan, lalu hanyut di aliran sungai ini.

5. Caiman Hitam

Caiman Hitam. (Listverse)
Caiman Hitam. (Listverse)

 

Caiman hitam adalah buaya yang dapat tumbuh sampai ukuran 6 meter. Hewan ini menjadi salah satu penghuni Sungai Amazon paling mengerikan.

Dibandingkan dengan buaya nil, caiman justru memiliki ukuran yang lebih besar dan membuatnya disebut sebagai Raja Sungai.

Caiman hitam ini akan memangsa apapun yang masuk dalam wilayah perairannya. Entah itu manusia, piranha, kera, rusa, atau bahkan anaconda.

Dari deretan penghuni Sungai Amazon yang paling mengerikan di atas, mana yang paling menyeramkan?

Berita Terkait