Sains

6 Fenomena Paling Misterius dan Menakjubkan Ini Terjadi di Laut

Nomor 6 paling menakjubkan.

Galih Priatmojo | Amelia Prisilia

Pertemuan dua samudera. (Anchorage Daily News)
Pertemuan dua samudera. (Anchorage Daily News)

Hitekno.com - Luas dan dalamnya laut memang menyimpan banyak misteri dan rahasia. Tidak heran jika banyak fenomena misterius dan menakjubkan terjadi di laut.

Punya bermacam hewan di dalamnya, laut sering memberikan kejutan dengan fenomena-fenomena langkah yang terjadi. Terkadang, fenomena ini juga tertangkap kamera dan diabadikan.

Hal ini, bisa saja terjadi karena faktor alam atau memang merupakan kode dari laut yang mulai merasa tercemari oleh ulah manusia.

Berikut beberapa fenomena laut paling misterius dan menakjubkan yang pernah tertangkap kamera manusia.

1. Air laut yang bercahaya

Air laut yang bercahaya. (Bored Panda)
Air laut yang bercahaya. (Bored Panda)

 

Fenomena pertama adalah saat air laut bercahaya. Air laut yang bercahaya ini bisa terjadi karena reaksi kimia antara plankton dan oksigen.

Kedua reaksi kimia ini menghasilkan ''bioliminescence'' atau yang dikenal sebagai emisi cahaya. Hal ini yang kemudian mengakibatkan air laut bisa bercahaya layaknya lampu hias yang indah.

Kolaborasi antara plankton dan oksigen ini menghasilkan cahaya yang bertujuan untuk menghindari para predator.

Kamu dapat menemukan fenomena air laut yang bercahaya ini di Maladewa, Mosquito Bay di Puerto Rico, dan San Diego di Amerika Serikat.

2. Air laut berubah menjadi merah

Air laut berubah menjadi merah. (La Ciencia por Gusto)
Air laut berubah menjadi merah. (La Ciencia por Gusto)

 

Selain bercahaya, fenomena misterius dan menakjubkan lainnya yang pernah terjadi di laut adalah saat air laut berubah menjadi merah.

Penyebabnya adalah karena laut dipenuhi dengan alga merah yang kaya akan pigmen phycoerythrin. Ganggang ini biasanya akan berkembangbiak dan membuat seluruh perairan berubah menjadi merah.

Kemunculan alga ini ternyata cukup membahayakan populasi ikan lho. Pasalnya, alga ini mampu membuat stok oksigen di laut menjadi habis.

3. Bunga es di laut

Bunga es di laut. (mxtrianz)
Bunga es di laut. (mxtrianz)

 

Bunga-bunga es ini memiliki tekstur yang sangat halus ketika disentuh. Selain itu, hamparan bunga es di lautan juga terlihat sangat indah.

Fenomena bunga es yang terjadi di atas lautan ini biasanya terjadi di daerah-daerah dengan musim dingin paling parah di dunia.

Fenomena ini terjadi bila suhu di sekitar lautan menjadi sangat dingin namun memiliki kecepatan hembusan angin yang sedikit.

Bentuknya yang sangat mirip dengan bunga yang membeku ini dapat tumbuh dengan diameter mencapai 4 cm lho.

4. Brinicle

Brinicle. (BBC)
Brinicle. (BBC)

 

Brinicle adalah pembentukan es laut ketika kadar air garam yang sangat dingin terjadi di dalam air laut. Biasanya selama musim dingin, suhu di atas laut menjadi -20 derajat celcius, sedangkan suhu air laut biasanya hanya -1.9 derajat celcius.

Hal ini yang kemudian membentuk pipas es yang menekan salur air garam ke dasar laut. Terjadi penekanan karena sifat dingin dan asin membuat air di dalam laut menjadi lebih padat dan tenggelam.

Proses panjang ini yang menghasilkan pembentukan lapisan es halus yang disebut dengan brinicle. Fenomena brinicle ini sangat berbahaya untuk makhluk hidup di dalam laut.

Biasanya fenomena mengerikan ini terjadi di perairan dengan suhu dingin seperti Kutub Utara dan Kutub Selatan.

5. Busa laut

Busa laut. (mobileranger)
Busa laut. (mobileranger)

 

Fenomena busa laut biasanya terjadi karena ganggang dan alga yang bermekaran dan membusuk. Terjadinya busa laut ini bisa saja dipicu oleh terjadinya badai di laut.

Terjadinya busa laut tidak berbahaya bagi manusia, fenomena ini justru adalah tanda bahwa ekosistem laut sedang sangat produktif. Sayangnya, ketika hal ini disebabkan oleh ganggang yang membusuk, tentu akan berpotensi untuk membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan.

Hal ini karena dalam proses pembusukan, ganggang dan alga menghasilkan aerosol atau partikel padat yang bercampur dengan udara dan dapat menyebabkan iritasi pada mata manusia dan menimbulkan penyakit pernapasan.

6. Dua laut yang bertemu

Pertemuan dua samudera. (samoaobserver)
Pertemuan dua samudera. (samoaobserver)

 

Fenomena misterius dan menakjubkan yang terjadi di laut adalah saat Samudera Atlantik dan Samudera Mediterania bertemu namun tidak menyatu. Kedua samudera ini bertemu di Selat Gibraltar.

Mempunyai karakteristik yang berbeda, suhu, density, hingga kadar garam yang berbeda membuat keduanya tidak bisa tercampur. Ajaib kan?

Itu tadi deretan fenomena laut paling misterius dan menakjubkan yang pernah terjadi di dunia. Pernah menemukan salah satunya?

Berita Terkait