Sains

Sepuluh Teknologi yang Diprediksi Akan Memusnahkan Manusia

Kamu akan takjub karena sebelumnya teknologi ini hanya ada di film.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Senjata Biologis. (Hydro Credit Union)
Senjata Biologis. (Hydro Credit Union)

Hitekno.com - Teknologi akan memudahkan manusia dalam mempersingkat waktu bahkan menggantikan pekerjaan manusia. Namun banyak ahli mewanti-wanti teknologi dapat memusnahkan manusia di masa depan.

Bagaimana tidak, teknologi lama kelamaan menjadi sulit dikontrol. Dengan klaim melindungi dari negara lain, negara adidaya berlomba-lomba membuat senjata pemusnah massal. Kami merangkum beberapa teknologi yang akan memusnahkan manusia.

Berikut deretan teknologi yang bisa memusnahkan manusia di masa depan:

1. Artificial Super-Intelligence (ASI)

Ilustrasi ASI. (Harvard Science Review)
Ilustrasi ASI. (Harvard Science Review)

 

AI (kecerdasan buatan) pada masa depan akan menjelma menjadi super komputer yang menciptakan kembali kecerdasan manusia. Fase evolusi terakhir adalah kecerdasan super buatan (ASI) yang secara harfiah dapat melewati kecerdasan manusia sehingga dapat membahayakan ras manusia itu sendiri.

Stephen Hawking sebelum meninggal pernah mewanti-wanti agar ilmuwan berhati-hati dalam menggunakan ASI.

2. Drone AI

Sumber Foto: ifsec.events

Drone Militer. (ifsec.events)

 

Jika kamu pernah melihat film Terminator, kamu akan menganggap bahwa itu hanyalah khayalan. Tapi tunggu dulu, para peneliti sedang mengembangkan Drone dengan kemampuan berpikir layaknya sebuah robot.

Jika jatuh di tangan yang salah Drone dengan kemampuan AI bisa menjadi senjata pemusnah massal.

3. Robot Pekerja

I Robot/20th Century Fox
Ilustrasi Robot. (20th Century Fox)

 

Semakin mendekati masa depan, manusia dianggap tidak efektif dalam melakukan pekerjaan. Pekerjaan dengan ketrampilan rendah maupun menengah akan diambil alih robot pekerja.

Jika tak diantisipasi, lapangan pekerjaan untuk manusia menjadi sulit sehingga timbul kelaparan dimana-mana.

4. 3D Printer

Senjata Hantu. (Crime Prevention Research Center)
Senjata Hantu. (Crime Prevention Research Center)

 

Printer 3 dimensi bisa membuat banyak hal. Kornea mata buatan, rumah, atau karya seni. Namun di Amerika, 3D Printer menjadi kontroversial karena digunakan untuk membuat senjata.

Dikenal dengan senjata hantu, senjata tersebut terbuat dari plastik dan tidak bisa dideteksi oleh detektor logam.

Senjata hantu yang terbuat dari 3D printer dapat digunakan oleh teroris sehingga timbul kekacauan massal.

5. Senjata Biologis

Senjata Biologis. (Hydro Credit Union)
Senjata Biologis. (Hydro Credit Union)


Senjata biologis sudah dikenal sejak tahun 1950 ke atas. Namun karena sudah ada pelarangan pada perjanjian internasional, senjata ini menjadi ilegal.

Namun di luar sana masih banyak negara yang mengembangkan senjata bilogis. Jika terjadi perang dunia ke 3, senjata biologis mampu untuk membunuh jutaan manusia dalam waktu singkat.

6. Robot Sex

Robot Seks. (Pacific San Diego)
Robot Sex. (Pacific San Diego)


Di luar negeri, robot sex diciptakan untuk memenuhi hasrat seksual pria yang tidak punya istri atau sedang di perantauan.

Namun ketika robot ini diperjualbelikan secara massal, lama kelamaan manusia akan enggan untuk menikahi sesama manusia. Kemusnahan perlahan akan dialami manusia karena tak adanya generasi penerus.


7. Senjata Laser

Sumber: Yahoo News Singapore
Ilutrasi senjata laser. (Sumber: Yahoo News Singapore)


Senjata laser kini sudah bukan senjata khayalan di film fiksi ilmiah. Cina dan Amerika sudah berhasil menciptakan senjata ini. Jika sudah diproduksi secara massal, manusia semakin terancam punah.

Pasalnya senjata ini dapat mematikan manusia secara diam-diam. Pelurunya yang tak kasat mata membuatnya sulit dideteksi.

8. Nuklir

Bom Nuklir/science.howstuffwork.com
Bom Nuklir. (science.howstuffwork.com)


Ratusan ribu orang telah meninggal pada peristiwa bom atom Hiroshima dan Nagasaki. Total senjata nuklir yang telah terdata secara resmi ada pada kisaran 14-15 ribu unit.

Kini, Rusia bahkan mampu menciptakan bom nuklir yang bernama SATAN II. Kekuatan sang Sang Setan 2000 kali lipat dari bom Hiroshima Nagasaki.

Negara seluas Perancis akan hilang dalam hitungan menit jika terkena bom tersebut. Jika terjadi perang nuklir, diprediksi setengah populasi manusia akan menghilang.

9. Mobil Otonom

sumber: uber
Mobil Tanpa Supir. (uber)

 

Uber, Lift, dan Waymo berlomba-lomba menciptakan teknologi mobil otonom dengan teknologi tercanggih. Mobil otonom tidak membutuhkan supir sehingga banyak orang akan kehilangan pekerjaan.

Selain kelaparan, mobil otonom yang dikendalikan oleh AI juga bisa berubah menjadi senjata pemusnah massal apabila terjadi masalah pada sistem AI-nya.

10. Mesin Waktu

Ilustrasi Mesin Waktu. (Sputnik International)
Ilustrasi Mesin Waktu. (Sputnik International)

 

Menurut teori di atas kertas, banyak ilmuwan yang mengakui bahwa mesin waktu bukan hal yang mustahil. Namun sampai sekarang belum ada peneliti yang mampu menciptakannya.

Apabila mesin waktu berhasil diciptakan dan disalahgunakan pihak tak bertanggungjawab, mesin waktu bisa menjadi senjata pemusnah massal.

Bagaimana tidak, manusia dapat menciptakan ulang sejarah di masa lalu sehingga kehidupan manusia di masa depan akan terancam bahkan hilang. Teknologi ini  dapat memusnahkan manusia secara diam-diam. 

Berita Terkait