Sains

Mobil Tanpa Supir Bebas Angkut Penumpang di Negara Ini

Mobil tanpa pengemudi bisa menjadi bisnis dan juga teknologi yang menjajikan di masa depan. Negara ini mendukung penuh teknologi mobil tanpa supir dengan mengizinkannya beroperasi.

Tinwarotul Fatonah | Rezza Dwi Rachmanta

sumber: uber
sumber: uber

Hitekno.com - Salah satu Negara bagian di Amerika Serikat yaitu California sudah mengeluarkan peraturan yang mendukung teknologi terkini. California sudah memungkinkan mobil tanpa supir atau sering disebut mobil otonom diuji di jalan umum.

Hal itu juga membuat negara bagian tersebut mengizinkan mobil otonom untuk mengambil penumpang di jalan, menurut laporan terbaru dari The San Fransisco Examiner.

Menurut laporan tersebut, California Public Utilities Commission telah memutuskan untuk menyetujui program percontohan yang memungkinkan mobil tanpa pengemudi untuk mengangkut penumpang.

Mengingat bahwa perusahaan seperti Uber menguji kendaraan otonom, tidak sulit untuk membayangkan bahwa mobil otonom yang mengambil penumpang, di masa depan akan menjadi bisnis yang menjanjikan.

sumber: uber

sumber: uber 

Mereka juga mengatakan bahwa Lyft juga mengerjakan mobil yang bisa mengemudi sendiri, jadi sepertinya bagi California mobil otonom akan menjadi model bisnis yang menguntungkan.

Namun harus digarisbawahi bahwa ketika perusahaan diijinkan untuk menguji mobil otonom dan mengambil penumpang, maka mereka tidak diizinkan untuk memberikan biaya perjalanan alias gratis. Biaya gratis tersebut setidaknya akan berlaku selama program percontohan berjalan.

sumber: waymo

sumber: waymo

Menurut Komisaris Liane Randolph, ia merasa bahwa dengan menjadikannya program tanpa biaya, itu akan membuat program percontohan lain daripada program apapun yang pernah dilaksanakan oleh pilot mobil otonom.

Program ini akan mendorong mereka yang berpartisipasi di dalamnya untuk lebih memperhatikan pengalaman mereka sehingga nanti muncul umpan balik yang kritis.

Diharapkan program ini seperti ketika pengguna menjalankan denngan gratis program beta sebelum perangkat lunak diluncurkan.

Dengan umpan balik dan saran yang diterima oleh perusahaan mobil otonom, diharapkan final program mereka dapat berguna di masa depan.

Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta

Berita Terkait