Sains

Ilmuwan Cina Ingin Tangkap Asteroid dan Bawa ke Bumi

Penangkapan asteroid ini direncanakan untuk dilakukan pada 2029 dan pulang pada 2034.

Agung Pratnyawan

Sumber: Daily Express
Sumber: Daily Express

Hitekno.com - Para ilmuwan Cina berambisi untuk tangkap asteroid di luar angkasa dan membawanya ke Bumi. Mereka sangat optimis dapat melakukannya.

Dilansir Suara.com, para peneliti dari Pusat Sains Antariksa Nasional, yang berada di bawah Akademi Sains Cina, mengatakan mereka bisa menjerat asteroid kecil dan membawanya ke Bumi.

Yang mereka sasar adalah asteroid dekat Bumi. Asteroid-asteroid itu, jelas mereka, bisa digunakan untuk ilmu pengetahun atau bahkan untuk keperluan industri, karena mengandung mineral berharga.

"Kami bertujuan untuk membawa pulang asteroid besar berbobot ribuan ton," kata Li Mingtao dari Pusat Sains Antariksa Nasional, "Artinya kami bisa mengubah asteroid yang tadinya berbahaya menjadi sumber daya."

Lalu bagaimana mereka menangkap asteroid yang melesat dalam kecepatan tinggi di antariksa?

Menurut Li, yang berbicara dalam sebuah kontes teknologi masa depan di Shenzhen, Guangdong, Cina, asteroid bisa ditangkap memanfaatkan sebuah pesawat antariksa kecil yang membawa sebuah kantong raksasa.

Pesawat itu akan menangkap asteroid yang sedang mendekati Bumi, mengaktifkan tameng panas yang akan meredam kecepatan asteroid sehingga objek luar angkasa itu tak terbakar habis saat memasuki atsmofer Bumi.

Meski demikian rencana ini bukan tanpa tantangan. Pertama, yang perlu dipikirkan, adalah bagaimana menemukan asteroid yang cocok untuk ditangkap. Sebagian besar asteroid kecil sangat sukar dideteksi, kecuali jika mereka benar-benar berada sangat dekat dengan Bumi.

Kedua, bagaimana cara agar asteroid kecil tak hangus dibakar atmosfer Bumi? Li mengatakan ia dan timnya akan merancang sebuah tameng panas yang bisa secara signifikan mengurangi kecepatan asteroid dari 12 km per detik menjadi hanya 150 meter per detik.

Saat ini Li dan timnya sedang mengincar sebuah asteroid kecil yang kini sedang berjarak 62 mil dari Bumi. Diameternya hanya 6 meter dan berbobot beberapa ratus ton saja.

Tim ini berencana bisa meluncurkan misi menangkap asteroid ke luar angkasa pada 2029 dan membawa pulang tangkapan mereka ke Bumi pada 2034.

Tulisan mengenai ilmuwan Cina ingin tangkap asteroid ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Ilmuwan Cina Berambisi Menangkap Asteroid dan Membawanya ke Bumi.

Berita Terkait