Sains

Kisah Makhluk Legenda Kudan dari Jepang

Kemunculannya dipercaya sebagai pertanda akan kedatangan bencana.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: Yokai
Sumber: Yokai

Hitekno.com - Beberapa waktu yang lalu, sebelum gempa besar terjadi di Jepang beberapa orang di Jepang melihat penampakan seekor makhluk. Penampakan tersebut berwujud makhluk kuno yang pernah hidup di Jepang pada zaman dahulu. Disebut dengan Kudan, makhluk ini bertubuh sapi namun memiliki muka berwujud manusia.

Mitos yang beredar di masyarakat Jepang mengungkapkan bahwa keberadaan makhluk ini merupakan sebuah pertanda akan datangnya sebuah bencana yang akan merenggut nyawa.

Sumber: Twitter
Sumber: Twitter.com/@andori

Dilansir dari wikipedia, Kudan merupakan makhluk kuno yang terkenal di Jepang selama paruh pertama abad ke-19. Kanji untuk kudan terdiri dari dua karakter: hito ("manusia"), dan ushi ("sapi" atau "banteng").

Dari periode Edo sampai periode Showa ada beberapa penampakan yang dilaporkan di Jepang, meskipun mereka paling sering dilaporkan di Jepang Barat.

Penampilan kudan yang paling awal tercatat terjadi pada tahun 1827 dari Tateyama di Provinsi Etchu (sekarang bagian dari Prefektur Toyama). Awalnya, makhluk itu disebut sebagai Kudabe.

Sumber: Twitter
Sumber: Dokumen dari Kurahashi Mountain 1836

Para pemetik tanaman liar menemukan monster berkaki empat dengan wajah manusia di pegunungan yang mereka sebut dirinya "Kudabe".

Dari mitos yang beredar, kemunculan makhluk ini meramalkan bakal banyak yang menjadi korban wabah epidemi dalam beberapa waktu mendatang.

Pada 21 Juni 1909, sebuah surat kabar Nagoya melaporkan adanya kudan. Menurut artikel itu, seekor anak sapi lahir dengan wajah manusia satu dekade sebelumnya di sebuah rumah pertanian di Kepulauan Got.

Artikel melaporkan bahwa "Makhluk meninggal hanya 31 hari setelah kelahirannya dan menubuatkan perang antara Jepang dan Rusia."

Anak sapi itu kemudian diisi dan dipajang di Museum Yahiro di Nagasaki. Museum telah ditutup dan keberadaan monster berwujud lembu tidak diketahui.

Sumber: Twitter
Kudan yang diawetkan (Sumber: Twitter/@andori)

Kudan juga sempat tertangkap dan pernah diawetkan sehingga bisa dilihat oleh khalayak Jepang. Mitos mengenai Kudan beredar di Jepang dan menjadi makhluk legenda yang diceritakan secara turun menurun lintas generasi.

Terkait dengan kebenaran secara ilmiah, masih belum ada peneliti atau ilmuwan yang membuktikan korelasi antara bencana dengan makhluk mitologi tersebut. 

Tim HiTekno menyarankan pembaca untuk memprediksi gempa atau bencana yang akan terjadi dengan menghubungi atau menggunakan aplikasi dari Badan Penanggulanan Bencana setempat.

Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta 

Berita Terkait