Games

Cara Counter Akai Mobile Legends, Bikin Hero Panda Nggak Berdaya!

Jadi hero OP, bagaimana cara counter Akai Mobile Legends?

Rezza Dwi Rachmanta

Cara counter Akai Mobile Legends. (Mobile Legends)
Cara counter Akai Mobile Legends. (Mobile Legends)

Hitekno.com - Akai termasuk hero OP yang sangat diwaspadai pada mode rank Mobile Legends. Berikut kami akan memberikan tips dan cara counter Akai Mobile Legends.

Popularitas hero panda satu ini semakin meningkat dalam beberapa minggu ke belakang. Bagaimana tidak, Moonton telah memberikan revamp kepada Akai Mobile Legends sehingga beberapa skill dan tampilannya berubah.

Developer turut memberikan Buff ke Akai pada update terbaru menjelang akhir Mei 2022. Pada Patch Note 1.6.84, Akai memperoleh peningkatan pada skill satu dan skill kedua.

Moonton menambah jarak penggunaan skill, mengurangi waktu penggunaan skill, dan meningkatkan kecepatan berguling setelah mengenai lawan.

Pada skill kedua, Moonton turut mengurangi waktu penggunaan skill. Di sisi ultimate, cooldown berubah dari 40-32 detik ke 45-37 detik. Berdasarkan statistik, Akai memiliki rata-rata win rate sebesar 55.13 persen dan popularitas 1.49 persen.

Cara counter Akai Mobile Legends. (Mobile Legends)
Cara counter Akai Mobile Legends. (Mobile Legends)

Ini membuat Akai masuk dalam 15 besar hero dengan popularitas tinggi di Mobile Legends. Banyak player yang memilih Akai membuat hero panda itu masuk META menjelang akhir Season 24.

Ban rate Akai menyentuh angka 22.55 persen pada keseluruhan mode rank. Meski begitu, Akai mempunyai ban rate hingga 37.44 persen pada rank Legend ke atas. Ini menyuratkan bahwa Akai sangat diwaspadai oleh player tier atas di Mobile Legends.

Kombo skill satu, ultimate serta skill dua membuat lawan incaran Akai tak berdaya. Santai saja, Mobile Legends merupakan game MOBA sehingga terdapat sistem counter-nya. Berikut cara counter Akai Mobile Legends:

1. Ketahui Hero Counter Akai Mobile Legends

Nana Mobile Legends. (HiTekno)
Nana Mobile Legends. (HiTekno)

 

Momen Draft Pick saat mode rank cukup menentukan apabila lawan telah mengamankan hero Akai. Patner terbaik Akai adalah hero Fanny sementara natural counter Akai merupakan Nana.

Hero Support-Mage tersebut dapat membuat Akai tak berdaya berkat skill kedua miliknya. Tentu Akai tak bisa berputar dengan baik apabila Nana mengubahnya menjadi kucing atau rubah.

Deretan hero counter Akai adalah Nana, Diggie, Valentina, Lunox, Karrie, Franco, Saber, Khufra, Tigreal, dan Valir. Seperti Nana, Diggie juga memiliki skill untuk melakukan counter terhadap CC yang dimiliki oleh Akai.

Kombinasi skill kedua dan damage tinggi di early-game dari Diggie bisa membuat Akai kerepotan. Karrie merupakan hero Marksman yang bisa mengubah Tank menjadi "kerupuk" di late-game, termasuk Akai. Ultimate dari Franco (ditambah purify) dan Saber membuat Akai tak bisa sembarangan mengeluarkan Hurricane Dance.

2. Miliki Item Counter Akai Mobile Legends

Necklace of Durance. (HiTekno.com)
Necklace of Durance. (HiTekno.com)

 

Akai termasuk hero dengan damage besar apabila HP-nya semakin tinggi. Pengguna hero Akai sering mengandalkan beberapa item seperti Dominance Ice, Guardian Helmet, Curset Helmet, Radiant Armor atau mungkin Thunder Belt.

Item seperti Demon Hunter Sword (DHS) merupakan counter efektif bagi Guardian Helmet. Dikenal sebagai item penghancur Tank, DHS jadi pilihan yang sangat bagus untuk melawan Akai. Marksman bisa membeli DHS dalam build itemnya.

Selain itu, Sea Halberd bisa dipilih untuk pengguna Fighter, Assassin, dan Marksman. Sea Halberd dapat mengurangi regenerasi HP dan shield dari hero lawan. Selain dua item tersebut, Necklace of Durance menjadi alternatif menarik bagi hero Mage. Item NOD sangat efektif untuk melawan hero dengan regen HP tinggi.

3. Perhatikan Timing dan Posisi

Akai termasuk tipe hero yang bisa melakukan inisiasi sekaligus merusak formasi lawan. Kalian perlu berhati-hati (terutama hero core dan DPS) ketika berhadapan dengan Akai.

Pengguna hero core dapat terus menempel pada roamer atau Fighter agar tak menjadi incaran Akai. Cara counter Akai adalah kalian bisa memancing menggunakan hero Fighter untuk memaksa hero itu mengeluarkan ultimate-nya.

Setelah skill ketiga Akai keluar, hero panda ini bisa dihabisi dengan mudah. Anda disarankan untuk menunggu Akai mengeluarkan ultimate sebelum menyerangnya bersama-sama.

4. Rusuh di Awal Game

Hero Diggie. (Moonton)
Hero Diggie. (Moonton)

 

Akai kini banyak digunakan sebagai hero Jungler dan atau EXP Laner. Kalian bisa menggunakan hero seperti Franco atau Diggie untuk merusak ritme permainan Akai di early-game. Usahakan agar Akai tak bisa farming dengan nyaman pada menit-menit awal. Hero dengan damage tinggi di early game dapat membuat Akai tidak berdaya.

Kalian juga bisa melakukan spam skill kepada Akai jika sudah memiliki item seperti NOD (Mage) dan Sea Halberd (Fighter, Assassin, dan Marksman). Itulah tadi deretan cara counter Akai Mobile Legends, tertarik mempraktikkannya di Land of Dawn?

Berita Terkait