Games

Semakin Meningkat, MPL Season 8 Siap Pecahkan Rekor Jumlah Penonton

Moonton Indonesia siap pecahkan rekor jumlah Peak Viewer dibandingkan season sebelumnya.

Rezza Dwi Rachmanta

MPL Season 8 mengusung tema Era Baru. (Dok MPL Indonesia)
MPL Season 8 mengusung tema Era Baru. (Dok MPL Indonesia)

Hitekno.com - Mobile Legends Professional League Season 8 (MPL Season 8) siap digelar pada 13 Agustus mendatang. Menjelang kompetisi akbar eSports MLBB tingkat nasional, Moonton Indonesia mengungkapkan sejumlah fakta menarik.

Melalui konferensi pers yang digelar hari ini (11/08/2021), pihak Moonton Indonesia membeberkan peningkatan yang berhasil diraih sejak MPL Season 1.

Martinus Manurung selaku Head of Marketing & Business Development Esports Moonton Indonesia mengungkapkan bahwa penonton MPL selalu meningkat dari musim ke musim.

Berdasarkan data yang dibagikan melalui slide presentasi, jumlah Peak Viewer yang didapatkan MPL Season 1 memang hanya di angka 10 ribuan.

Jumlah penonton semakin meningkat di mana MPL Season 2 dan MPL Season 3 meraih angka 37 ribu dan 59 ribu Peak Viewer.

Rata-rata penonton MPL. (Konferensi Pers MPL Indonesia)
Rata-rata penonton MPL. (Konferensi Pers MPL Indonesia)

Setelah mencapai angka 250 ribu Peak Viewer di MPL Season 4, angka melonjak melebih 1 juta di Season 5 dan Season 6. MPL Season 5 meraih 1,16 juta sementara MPL Season 6 mencetak 1,38 juta Peak Viewer.

Puncaknya ada pada MPL Season 7 dengan raihan 1,83 juta Peak Viewer (data dari Esports Charts). Ketika ditanya mengenai jumlah target penonton di musim ini, Moonton Indonesia percaya diri bahwa mereka dapat memecahkan rekor sebelumnya.

"Pada dasarnya kita memang ingin sekali memiliki target yang jauh lebih tinggi. Secara event, kita ingin ada peningkatan dibandingkan season sebelumnya. Untuk saat ini, yang bisa kita bilang adalah kita berusaha memecahkan rekor itu, sampai dengan 2 juta Peak Viewer," kata Martinus Manurung selaku Head of Marketing & Business Development Esports Moonton Indonesia.

Jumlah pemain aktif bulanan Mobile Legends. (Konferensi Pers MPL Indonesia)
Jumlah pemain aktif bulanan Mobile Legends. (Konferensi Pers MPL Indonesia)

Mereka turut membeberkan bahwa jumlah pemain aktif bulanan atau Monthly Active User di Indonesia ada di angka lebih dari 34 juta.

Selain itu, jumlah pemain bulanan Mobile Legends di tingkat global menyentuh 90 juta dan wilayah Asia Tenggara memiliki 70 juta pemain aktif bulanan. Game ini telah mencetak tonggak sejarah dengan capaian 1 juta miliar unduhan pada kuartal terakhir 2020.

Mengingat basis pemain Mobile Legends di Indonesia cukup besar, tak heran apabila pro scene mereka juga memiliki antusiasme tinggi.

MPL Season 8 mengusung slogan New Era. Slogan tersebut memiliki arti bahwa mereka bersiap melakukan regenerasi di musim ini.

Daftar tim di MPL Season 8. (MPL Indonesia)
Daftar tim di MPL Season 8. (MPL Indonesia)

"Kenapa New Era? Lewat slogan ini kita mau kasih tahu teman-teman bahwa regenerasi itu something real," kata Azwin Nugraha selaku Public Relations & Communications Manager Esports Moonton Indonesia.

Sebagai informasi, MPL Season 8 fase Regular Season akan berlangsung pada 13 Agustus hingga 3 Oktober 2021. Sementara play-off dijadwalkan pada 8-10 Oktober 2021.

Delapan tim yang bertarung di musim ini termasuk RRQ Hoshi, Rebellion Genflix, ONIC Esports, Geek Fam, EVOS Legends, Bigetron Alpha, Aura Fire, dan Alter Ego. Total hadiah atau prizepool pada MPL Season 8 sebanyak Rp 4,5 miliar.

Berita Terkait