Games

Hindari Cyberpunk 2077, Deretan Game Ini Ditunda Perilisannya

Terdapat developer yang terang-terangan tak mau berhadapan langsung dengan game AAA Cyberpunk 2077.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Cyberpunk 2077. (CD Projekt Red)
Cyberpunk 2077. (CD Projekt Red)

Hitekno.com - Mendekati akhir Oktober 2020, CD Projekt Red mengeluarkan pengumuman tak terduga dengan mengundurkan rilis dari Cyberpunk 2077. Pengunduran Cyberpunk 2077 secara tidak langsung juga membuat deretan game lain "mengubah rencananya".

Terdapat developer yang secara terang-terangan tak ingin berhadapan langsung dengan game baru Cyberpunk, namun ada pula yang masih malu-malu mengungkapkannya.

Tak jadi dirilis pada November 2020, CD Projekt Red mengonfirmasi bahwa game diharapkan meluncur pada 10 Desember 2020.

Expansion dari Path of Exile yang disiapkan rilis pada Desember harus diundur ke Januari 2021.

CEO Grinding Gear Games, Chris Wilson, menulis pada blog resmi game dan menyatakan bahwa pihaknya memang sengaja menghindari Cyberpunk 2077.

Ilustrasi Path of Exile. (Grinding Gear Games)
Ilustrasi Path of Exile. (Grinding Gear Games)

 

"Kami tidak ingin menempatkan pemain kami dalam posisi harus memilih di antara dua game. Jadi kami telah memutuskan untuk menyingkir dan menunda expansion anyar hingga Januari 2021," tulis keterangan resmi dari Chris Wilson dikutip dari PC Gamer.

Game bergenre space combat, Everspace 2 juga memilih untuk menunda perilisannya agar tak berhadapan dengan Cyberpunk 2077.

Sang publisher, Rockfish Games, secara terang-terangan mengumumkan bahwa early access Everspace 2 harus diundur hingga Januari 2021.

Everspace 2 disiapkan untuk rilis pada pertengahan Desember 2020 pada beberapa platform termasuk PC, PS4, dan Xbox One.

Trailer dari Everspace 2. (YouTube/ ROCKFISH Games)
Trailer dari Everspace 2. (YouTube/ ROCKFISH Games)

 

"Rilis Cyberpunk 2077 baru saja diundur ke 10 Desember, yang merupakan pukulan besar bagi rencana rilis early access EVERSPACE 2 pada pertengahan Desember. Banyak media akan meliput game AAA itu. Setelah konsultasi singkat dengan teman pemasaran kami di Evolve PR, Plan Of Attack, dan Swordfish PR, kami memutuskan untuk menunda rilis Everspace 2," tulis keterangan resmi Rockfish Games dikutip dari IGN.

Game horor The Medium yang dijadwalkan rilis pada 10 Desember 2020 juga memilih untuk memundurkan perilisannya.

Sang developer, Bloober Team, mengonfirmasi bahwa The Medium bakal ditunda hingga 28 Januari mendatang.

Bloober Team menjelaskan bahwa pandemi merupakan alasan di mana mereka memilih untuk menunda perilisan. Namun banyak penggemar dan pemerhati game menduga bahwa penundaan The Medium ada kaitannya dengan Cyberpunk 2077.

Berita Terkait