Intip Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah, Valid Nggak Nih?

Berikut ini adalah cara mengecek kepribadian seseorang melalui golongan darah.

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 10 November 2022 | 11:23 WIB
Ilustrasi jaringan darah. (Pixabay/qimono)

Ilustrasi jaringan darah. (Pixabay/qimono)

Hitekno.com - Studi tentang kepribadian seseorang didasarkan pada empat golongan darah utama: golongan darah A, B, O, dan AB. Praktik mempelajari kepribadian atau IQ seseorang berdasarkan golongan darahnya cukup terkenal di Jepang.

Ya, beberapa orang percaya jika golongan darah seseorang bisa mempengaruhi kepribadian mereka. Meski demikian ada satu hal yang harus dicatat bahwa masing-masing dari kita adalah unik. 

Baca Juga: - Jadwal Piala Presiden Esports 2022 MLBB Hari Ini, Kapan EVOS vs RRQ Main? - Cara Cepat Dapat Uang di GTA V secara Offline - Nostalgia Lihat Iklan Jadul Tahun 1980-an Ini, Netizen: Minuman Legend

Pada dasarnya, kepribadian seseorang terbentuk dari kualitas dan aspek perilaku yang berbeda berdasarkan pola asuhan, pengkondisian sosial, dan pola pikir individu kita. 

Meski demikian seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa teori kepribadian golongan darah cukup populer di budaya Jepang dimana dalam banyak aspek kehidupan mereka dipengaruhi oleh golongan darah mereka. 

Pria dan wanita menggunakan tes kepribadian golongan darah sebagai cara untuk mengukur kecocokan hubungan dengan calon atau pasangan saat ini. 

Golongan darah mempengaruhi wawancara kerja, pernikahan dan reputasi individu dalam masyarakat. Bisnis di Jepang juga menjual produk untuk golongan darah tertentu dan pelatihan olahraga dikembangkan secara khusus untuk setiap golongan darah.

Nah buat kamu yang tertarik mengintip kepribadian berdasarkan golongan darah, berikut tim Hitekno.com telah merangkum dari Halodoc.

Darah. (Brightside)
Darah. (Brightside)

1. Golongan Darah A

Pemilik golongan darah A biasanya adalah orang yang kreatif, pintar, kooperatif, dan bersemangat. Kamu juga tipe orang yang berhati-hati dalam mengambil keputusan. 

Kamu pandai dalam multi-tasking dan tetap terorganisir dengan baik. Pemilik darah A lebih suka menjadi perfeksionis, penuh perhatian, dan konsisten pada apa pun yang Anda lakukan. 

Orang dengan golongan darah A ditemukan lebih cerdas secara emosional. Kamu juga cenderung mempertimbangkan aturan sosial dan menjaga etiket. 

Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah A:

  • Kelebihan: Pekerja keras, Persisten, Perencana yang Baik, Berkemauan keras
  • Kekurangan : Cepat marah, dan Mudah terombang-ambing.
  • Pilihan karir: Ekonom, Pustakawan, Akuntan, Desainer Grafis, dll.

2. Golongan Darah B

Mereka dengan golongan darah B biasanya sangat bersemangat, kreatif, kuat, dan aktif.  Mereka ceria, suka berpetualang, terbuka untuk pengalaman baru, tidak biasa, dan santai. 

Sesuai penelitian, golongan darah B memiliki otak tercepat. Itulah mengapa mereka memiliki imajinasi yang aktif dan punya  ingatan yang tajam. 

Kamu kemungkinan besar sangat pandai dalam mata pelajaran seperti matematika dan sains. Pemilik darah B juga akan mendekati sesuatu atau menyelesaikan tugas dengan kecepatan sendiri. 

Namun, terkadang mereka bisa menjadi tidak bertanggung jawab, sembrono, tidak dewasa, tidak dapat diprediksi, tidak menentu, malas, dan tidak kooperatif.  Satu lagi, pemilik darah B membenci perintah.

Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah B+:

  • Kelebihan:  Pekerja keras, cerdas, berkemauan keras, berprestasi, emosional, suka membantu, mengutamakan hubungan, peduli penampilan, cerdas, IQ tinggi.
  • Kekurangan:  Cepat marah, tidak menentu, tidak bertanggung jawab, kadang egois, dan tidak banyak membantu.
  • Pilihan karir: Jurnalis, Artis, Pemilik Bisnis, Konsultan, Pengusaha, Musisi, dll.

3. Golongan Darah O

Mereka yang memiliki golongan darah O biasanya adalah orang yang giat, berani, kupu-kupu sosial, ceria, percaya diri, bertekad, ulet, intuitif, dan berkemauan keras. 

Mereka juga cukup murah hati dan suka membantu. Pemilik darah O biasanya menjaga standar yang sangat tinggi dan tujuan besar untuk diri sendiri. 

Mereka akan bekerja untuk selalu menemukan cara untuk mencapai tujuan dengan sepraktis mungkin. Kamu juga bisa memiliki kualitas kepemimpinan yang sangat baik. 

Namun golongan darah O biasanya tidak menyibukkan diri dengan hal-hal kecil atau kecil karena mereka fokus pada gambaran besar. 

Mereka cenderung melihat sisi baiknya dalam setiap situasi. Jika seseorang bertanya kepada mereka apakah gelas itu setengah kosong, pandangan pemilik darah O ini akan menjadi gelas itu setengah terisi. 

Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah O:

  • Kelebihan : Optimis, Tekad, ulet, intuitif, berkemauan keras
  • Kekurangan : Tidak dapat diprediksi, dan egois.
  • Pilihan karir: CEO, Politisi, Aktris, Model, Pembicara Publik, dll.

4. Golongan Darah AB

Mereka dengan golongan darah ini adalah tipe individu yang diplomatis, mudah beradaptasi, misterius, karismatik, eksentrik, analitis, logis, ramah, namun tertutup.

Mereka memiliki pendekatan rasional terhadap berbagai hal. Studi kepribadian telah mencatat bahwa pemilik darah AB juga bisa memiliki sifat dualitas atau bermuka dua.

Ciri-ciri negatif dari kepribadian golongan darah AB bisa rumit, pelupa, tidak sabar, tidak bertanggung jawab, kritis, menyendiri, ragu-ragu, dan diskriminatif. 

Sesuai golongan darah untuk studi kepribadian, telah dicatat bahwa orang dengan golongan darah AB biasanya memiliki campuran ciri kepribadian golongan darah A dan golongan darah B.

Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah AB+:

  • Kelebihan : IQ Tinggi, Otak aktif, Hidup dengan sikap 'Ketidaktahuan adalah Kebahagiaan.
  • Kekurangan : Masalah kepercayaan dan Bisa keras kepala.
  • Pilihan karir: Guru, Pengacara, Pekerja Sosial, Konselor, Kesehatan, dll.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait

TERKINI

Satelit Starlink telah menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit serta orang-orang di darat, kok bisa?
sains | 18:39 WIB
Mineral ini belum bisa diklasifikasikan jenisnya, belum pernah ada di alam?
sains | 18:16 WIB
Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Tampilkan lebih banyak