Daftar Kota di Indonesia yang Bisa Menyaksikan Gerhana Bulan Total Hari Ini

Gerhana Bulan total hari ini akan dimulai pada pukul 15:03 WIB, 16:03 WITA, atau 17:03 WIT.

Agung Pratnyawan
Selasa, 08 November 2022 | 12:57 WIB
Ilustrasi Gerhana Bulan. (Pixabay)

Ilustrasi Gerhana Bulan. (Pixabay)

Hitekno.com - Gerhana Bulan Total bakal terjadi hari ini, Selasa (8/11/2022). Sejumlah kota di Indonesia akan berksempatan untuk menyaksikan fenomena langit yang terjadi nanti.

Dilaporkan Suara.com, Indonesia menjadi salah satu negara yang berkesempatan menyaksikan fenmena langit gerhana Bulan total hari ini. Namun, pengamat harus mengetahui kota di Indonesia mana saja yang kebagian gerhana Bulan total hari ini.

Baca Juga: - 5 Mitos Gerhana Bulan Total yang Beredar, Banyak Larangannya - Kumpulan Mitos Soal Gerhana Bulan di Zaman Dulu, Lengkap dengan Penjelasan Sains - Bagaimana Gerhana Bulan Menurut Penganut Bumi Datar? Apakah Bisa Terjadi? - Jam Berapa Gerhana Bulan Total 8 November 2022 Terjadi di Indonesia?

Menurut laporan In The Sky, gerhana Bulan total akan dimulai pada pukul 15:03 WIB, 16:03 WITA, atau 17:03 WIT. Itu merupakan fase gerhana Bulan penumbra dimulai dan tidak ada kota di Indonesia yang dapat menyaksikannya.

Gerhana Bulan parsial baru akan dimulai pada pukul 16:10 WIB, 17:10 WITA, atau 18:10 WIT, di mana beberapa kota di Indonesia yang dapat menyaksikannya mencakup sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Gerhana Bulan total akan terjadi pada pukul 17:17 WIB, 18:17 WITA, atau 19:17 WIT. Kota-kota di Indonesia yang berkesempatan menikmatinya termasuk sebagian wilayah Jawa Timur, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, NTT, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Sementara itu, puncak gerhana Bulan total akan terjadi pada pukul 18:00 WIB, 19:00 WITA, atau 20:00 WIT. Fase puncak gerhana Bulan total 8 November 2022 dapat diamati di hampir seluruh wilayah di Indonesia, kecuali Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

Beruntung, seluruh wilayah Indonesia akan kebagian jalur gerhana Bulan total ketika fase gerhana berakhir pada pukul 18:42 WIB, 19:42 WITA, atau 20:42 WIT.

Ilustrasi Gerhana Bulan. (Pixabay)
Ilustrasi Gerhana Bulan. (Pixabay)

Pada fase gerhana Bulan parsial berakhir pada pukul 19:49 WIB, 20:49 WITA, atau 21:49 WIT pun seluruh kota di Indonesia masih dapat menikmatinya.

Sama seperti fase gerhana Bulan parsial, ketika Bulan memasuki fase gerhana Bulan penumbra berakhir pada pukul 20:56 WIB, 21:56 WITA, atau 22:56 WIT, seluruh wilayah di Indonesia dapat menyaksikannya.

Dengan jalur gerhana Bulan total 8 November 2022 seperti di atas, disimpulkan bahwa wilayah Indonesia timur akan menjadi lokasi pengamatan gerhana Bulan total terbaik hari ini.

Selain Indonesia, gerhana Bulan total 8 November 2022 pun dapat disaksikan di Oseania, Amerika, hingga Eropa Utara.

Ketika gerhana Bulan total terjadi, posisi Matahari-Bulan-Bumi berada dalam garis lurus dan pengamat akan melihat Bulan berwarna kemerahan.

Perubahan warna pada Bulan ini terjadi karena cahaya Matahari masih dapat menembus atmosfer Bumi dan menyebabkan cahaya tersebut menyinari Bulan yang berada di umbra Bumi ketika gerhana Bulan terjadi.

Bagi pengamat yang berada di kota-kota di Indonesia yang kebagian gerhana Bulan total hari ini dapat menyaksikannya dengan mata telanjang karena cahaya Bulan tidak berbahaya.

Pengamat tidak perlu menggunakan kacamata pelindung, namun jika ingin melihat detail Bulan, maka pengamat harus menggunakan bantuan teleskop.

Apakah kamu berada di kawasan kota-kota di atas? Jangan sampai melewatkan kesempatan menyaksikan fenomena langit Gerhana Bulan Total tersebut. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait

TERKINI

Target pembangunan PLTN ini dalam rangka mendukung upayapemerintah dalam mencapai karbon netral atau netzero emisi.
sains | 15:36 WIB
Bagaimana proses terjadinya erupsi gunung berapi ini? Peristiwa erupsi gunung berapi ini berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut Bumi.
sains | 13:23 WIB
Di Indonesia ada empat tingkatan status gunung berapi yang harus kamu ketahui.
sains | 13:15 WIB
Satelit Starlink telah menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit serta orang-orang di darat, kok bisa?
sains | 18:39 WIB
Mineral ini belum bisa diklasifikasikan jenisnya, belum pernah ada di alam?
sains | 18:16 WIB
Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Tampilkan lebih banyak