Atasi Kelangkaan Gas, Solusi Tak Terduga dari Jerman Ini Picu Kontroversi, Kok Bisa?

Begini cara Jerman untuk mengatasi kelangkaan gas.

Cesar Uji Tawakal
Senin, 31 Oktober 2022 | 17:25 WIB
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga gas. (Pexels)

Ilustrasi pembangkit listrik tenaga gas. (Pexels)

Hitekno.com - Jerman harus mempelajari masalah produksi gas serpih domestik menggunakan teknologi fracking, yang saat ini dilarang di negara itu, kata Menteri Keuangan Christian Lindner.

Dilansir dari Russia Today, teknologi ini memungkinkan minyak dan gas diekstraksi dari batuan serpih dengan memecahnya dengan cairan bertekanan, termasuk air dan bahan kimia.

Baca Juga: - Muncul di Situs Global, Huawei Nova Y61 Pakai Kamera Utama 50 MP - Momen Kebersamaan Keluarga di Foto Tahun 1987, Netizen Curiga Orang Kaya Karena Hal Ini - Jumlah Warna Pelangi dan Faktor yang Membedakannya, Simak Biar Nggak Penasaran - Blak-blakan, Kairi dan Coach Yeb Ungkap Kekecewaan untuk EVOS Legends - Redmi Note 12 Discovery Edition Bawa Fast Charging 210 W, Begini Uji Pengisian Dayanya

Teknik ini telah digunakan di Jerman sejak tahun 1960-an untuk mengekstraksi gas alam dari cadangan konvensional, termasuk batu pasir dan batu karbonat.

Sekitar sepertiga dari gas alam yang diproduksi di negara ini berasal dari cadangan yang disadap oleh fracking.

Namun, untuk pelaksanaan "fracking tidak konvensional", mereka akan melakukannya dalam lapisan serpih dan batubara, yang menggunakan teknik pengeboran horizontal, ditempatkan di bawah moratorium pada tahun 2011, dan kemudian sebagian besar dilarang di Jerman karena risiko lingkungan seperti polusi air, atau bahkan gempa bumi.

"Kami memiliki cadangan gas yang signifikan di Jerman yang dapat diekstraksi tanpa membahayakan air minum," kata Lindner.

"Akan lebih tidak bertanggung jawab untuk menahan diri dari fracking karena komitmen ideologis."

Menurut pejabat itu, produksi dimungkinkan "di beberapa" bidang, dengan Jerman mampu memenuhi kebutuhan yang relatif besar dari sumbernya sendiri, yang akan berguna mengingat situasi di seluruh dunia.

Seruan itu datang di tengah krisis energi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diakibatkan oleh pengurangan impor energi dari Rusia, yang sebelumnya merupakan pemasok terbesar blok itu.

Konflik di Ukraina telah mengakibatkan perang sanksi habis-habisan terhadap Moskow, menargetkan komoditas termasuk minyak dan gas, dan berkontribusi pada melonjaknya harga energi di UE dan di seluruh dunia.

Pada bulan April, Wakil Kanselir dan Menteri Energi Jerman Robert Habeck menolak gagasan untuk mengekstraksi gas serpih di Jerman dengan fracking karena masalah lingkungan.

Dia menekankan bahwa akan memakan waktu bertahun-tahun sebelum dimungkinkan untuk mendapatkan izin yang diperlukan dan membangun produksi menggunakan metode tersebut.

Berita Terkait

TERKINI

Target pembangunan PLTN ini dalam rangka mendukung upayapemerintah dalam mencapai karbon netral atau netzero emisi.
sains | 15:36 WIB
Bagaimana proses terjadinya erupsi gunung berapi ini? Peristiwa erupsi gunung berapi ini berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut Bumi.
sains | 13:23 WIB
Di Indonesia ada empat tingkatan status gunung berapi yang harus kamu ketahui.
sains | 13:15 WIB
Satelit Starlink telah menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit serta orang-orang di darat, kok bisa?
sains | 18:39 WIB
Mineral ini belum bisa diklasifikasikan jenisnya, belum pernah ada di alam?
sains | 18:16 WIB
Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Tampilkan lebih banyak