Di Bumi Kisruh di Angkasa Bukan Musuh, Begini Kisah Kompaknya Astronot Amerika dan Rusia di Antariksa

Dua negara adidaya ini kerap berseteru, tapi lain cerita di luar angkasa.

Cesar Uji Tawakal
Jum'at, 07 Oktober 2022 | 14:05 WIB
Ilustrasi astronot. (unsplash/NASA)

Ilustrasi astronot. (unsplash/NASA)

Hitekno.com - Amerika Serikat dan Rusia saling mendukung dalam masalah ruang angkasa termasuk penerbangan manusia dan tidak hanya melalui penerbangan terintegrasi, kata Direktur Eksekutif Program Penerbangan Luar Angkasa Manusia Sergei Krikalev kepada wartawan.

Dilansir dari Sputnik News, Krikalev mengatakan penerbangan terintegrasi adalah tahap lain dalam kerja sama ruang angkasa AS-Rusia.

Baca Juga: - TikTok Rilis Mode Foto, Fitur Baru yang Meniru Instagram? - Geleng-geleng Lihat Mobil Parkir di Tempat Ekstrem Ini, Netizen: Sungguh Konsep yang Sangat Membagongkan - Lihat Penampakan WC Begini, Malah Bikin Pikiran Netizen Travelling

Dia menambahkan bahwa proposal untuk penerbangan terpadu semacam itu dibuat oleh pihak Amerika, dan Rusia mendukungnya.

"Karena masuk akal secara teknis untuk membuat penerbangan yang luar biasa ini, karena benar-benar meningkatkan keandalan sistem, itu meningkatkan resistensi," katanya.

"Jika ada masalah dengan peluncuran kapal ruang angkasa, mitra kami tidak akan dibiarkan tanpa spesialis di segmen ini."

Krikalev melanjutkan dengan mencatat bahwa ini bukan satu-satunya area di mana Rusia dan Amerika Serikat bekerja sama.

"Di pusat kendali Amerika ada spesialis kami, di pusat kendali kami, ada spesialis Amerika. Dan grup ini hanya dirancang untuk mendukung Mission Control Center (MCC) mereka. Jika Anda ingat bertahun-tahun yang lalu, tepat ketika saya terbang di Ekspedisi 11, Houston dilanda Badai Katrina, dan seluruh staf PKS dievakuasi, dan kelompok support spesialis dari Amerika yang berada di PKS Moskow mengambil alih tugas mengelola segmen Amerika," katanya

Astronot saat berada di luar ISS. (NASA)
Astronot saat berada di luar ISS. (NASA)

Artinya, tambahnya, mereka mengamankan diri baik di tingkat layanan darat, maupun di tingkat spesialis yang terlibat dalam pelatihan dan di tingkat astronot.

"Sekarang kami juga membuat koneksi silang yang memungkinkan kami untuk meningkatkan stabilitas sistem," katanya.

Roscosmos dan NASA Tetap Diplomatis

Kepala Roscosmos Yuri Borisov dan Administrator NASA Bill Nelson telah melakukan percakapan telepon di mana mereka menyampaikan undangan satu sama lain, Direktur Eksekutif Program Penerbangan Luar Angkasa Manusia Roscosmos Sergei Krikalev mengatakan kepada wartawan.

Pertemuan antara NASA keduanya sedang dikerjakan dan mungkin berlangsung pada akhir tahun, kata Direktur Eksekutif Program Penerbangan Luar Angkasa Manusia Sergei Krikalev kepada wartawan.

"Pertemuan antara Nelson dan Borisov sedang dikerjakan," kata Krikalev.

"Ada keinginan di kedua belah pihak, tetapi pertemuan tidak boleh diadakan hanya untuk berjabat tangan, itu harus mencakup diskusi. Sebagai aturan, ini disertai dengan semacam diskusi profesional. Dan sekarang mereka akan melihat kesempatan yang nyaman dan lebih bijaksana untuk bertemu di tempat yang paling nyaman, sehingga akan nyaman bagi semua orang."

Pada bulan Juli, Roscosmos dan NASA menandatangani perjanjian tentang penerbangan terpadu kosmonot dan astronot ke ISS.

Astronot. (Pixabay/WikiImages)
Astronot. (Pixabay/WikiImages)

Sebagai bagian dari perjanjian, roket Soyuz-2.1a dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 diluncurkan dari Baikonur ke ISS pada 21 September membawa kru lain termasuk kosmonot Rusia Sergei Prokopyev dan Dmitry Petelin serta astronot NASA Francisco Rubio.

Satu-satunya kosmonot wanita di Roscosmos, Anna Kikina, akan terbang ke ISS dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon buatan AS.

Pada tahun 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin menganugerahi astronot AS Nick Hague dengan Order of Courage atas keberanian yang dia tunjukkan selama peluncuran roket Soyuz-FG Rusia yang dibatalkan pada Oktober 2018.

Pada 11 Oktober 2018, booster Soyuz-FG gagal meluncurkan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-10, yang seharusnya membawa den Haag dan kosmonot Rusia Alexey Ovchinin ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Misi itu dibatalkan karena kerusakan booster beberapa menit setelah lepas landas.

Dua orang kru melarikan diri dengan kapsul penyelamat dan kembali ke bumi tanpa cedera.

Ketika Perusahaan Luar Angkasa Negara Rusia Roscosmos dan NASA sepakat untuk segera mengatur penerbangan baru, Den Haag dan Ovchinin tiba di ISS pada 15 Maret, bersama dengan astronot NASA Christina Koch.

Pada 3 Oktober, Den Haag dan Ovchinin kembali ke Bumi dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-12, bersama dengan astronot UEA pertama, Hazzaa Al Mansoori.

 

Untuk informasi terkini seputar dunia teknologi, sains dan anime, jangan lupa untuk subscribe halaman Facebook kami di sini.

Berita Terkait

TERKINI

Satelit Starlink telah menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit serta orang-orang di darat, kok bisa?
sains | 18:39 WIB
Mineral ini belum bisa diklasifikasikan jenisnya, belum pernah ada di alam?
sains | 18:16 WIB
Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Tampilkan lebih banyak