Sains

Ada di Kuil Mesir, Arkeolog Temukan Harta Karun Tersembunyi dari Era Islam

Koin emas dan perak ini kemungkinan dicetak pada kisaran 610 M.

Amelia Prisilia

Ilustrasi arkeolog. (Shutterstock)
Ilustrasi arkeolog. (Shutterstock)

Hitekno.com - Para arkeolog di Mesir melaporkan penemuan simpanan harta karun tersembunyi dari era Islam yang ditemukan di belakang sebuah kuil Mesir. Harta karun tersembunyi itu rupanya adalah sebuah koin emas dan perak yang berusia hampir 1.000 tahun.

Harta karun tersembunyi ini rupanya ditemukan di belakang sebuah kuil di Esna, yang diketahui berada di sepanjang Sungai Nil. Setelah diteliti, dua koin tersebut dipercaya berasal dari era Islam yang pernah ada di lokasi ini.

Dilansir dari Live Science, harta karun tersembunyi era Islam ini ditemukan oleh Dewan Tertinggi Arkologi Mesir. Koin emas dan perak ini kemungkinan dicetak pada kisaran 610 M.

Di masa tersebut, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya yang ada sekitar abad ke-13. Penemuan ini terdapat 286 koin perak raja dan kerajaan di era itu beserta sejumlah koin emas.

Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa koin dari Armenia yang dicetak pada masa pemerintahan Raja Leo II pada abad ke-13 serta koin perunggu dan kuningan yang berasal dari Kekaisaran Ottoman.

Temuan harta karun tersembunyi dari era Islam. (Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities via Live Science)
Temuan harta karun tersembunyi dari era Islam. (Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities via Live Science)

Tidak hanya menemukan koin emas dan perak dari era Islam, arkeolog juga sukses menemuan dirham. Pada saat itu, koin perak tersebut digunakan di beberapa negara Arab termasuk Uni Emirat Arab hingga saat ini. Koin tersebut dulunya dicetak oleh berbagai raja dan sultan di masa itu.

Bersama dengan harta karun tersembunyi ini, para arkeolog juga mendapat cetakan yang biasanya digunakan untuk membuat koin. Yang menjadi pertanyaan adalah karena tumpukan koin di era Islam tersebut ditinggalkan di situs kuil Mesir.

Sayangnya, untuk menjawab pertanyaan arkeolog mengenai hal ini, perlu ada penelitian lebih lanjut terkait temuan koin emas dan perak dari era Islam di Mesir ini.

Berita Terkait