Sains

Bongkar Makam Wanita Bangsawan dari Abad Pertengahan, Temuan Kursi Lipat Tuai Pertanyaan dari Arkeolog

Temuan langka arkeolog di makam wanita bangsawan dari abad pertengahan ini rupanya adalah sebuah kursi lipat.

Amelia Prisilia

Temuan kursi lipat di makam wanita bangsawan. (BLfD/Zenger via Live Science)
Temuan kursi lipat di makam wanita bangsawan. (BLfD/Zenger via Live Science)

Hitekno.com - Jika pada umumnya para arkeolog menemukan koin, senjata, permata atau barang berharga lainnya. Temuan tidak biasa di makam seorang wanita bangsawan dari abad pertengahan justru menuai berbagai pertanyaan besar dari para arkeolog.

Temuan langka arkeolog di makam wanita bangsawan dari abad pertengahan ini rupanya adalah sebuah kursi lipat yang diperkirakan berasal dari tahun 600 M.

Dilansir dari Live Science, saat ditemukan oleh tim arkeolog dari Bavarian State Office for Monument Protection (BLFD) di salah satu desa yang berada di Jerman, kursi lipat ini memiliki ukuran 28 x 18 inci.

Kursi lipat tersebut berada di makam seorang wanita bangsawan yang meninggal pada kisaran usia 40 atau 50 tahun. Kecurigaan mengenai status sosial wanita ini karena temuan barang-barang yang cukup mewah di dalam kuburan tersebut.

Berdasarkan penelitian yang mendalam, kursi lipat yang ditemukan di makam wanita bangsawan ini kemungkinan dibuat menggunakan bahan besi dengan lapisan kayu dan kulit.

Temuan kursi lipat di makam wanita bangsawan. (BLfD/Zenger via Live Science)
Temuan kursi lipat di makam wanita bangsawan. (BLfD/Zenger via Live Science)

Adanya kursi di dalam makam adalah hal yang jarang ditemui di Jerman. Namun, di seluruh Eropa, setidaknya ada 29 situs kuburan di awal abad pertengahan yang memiliki penguburan dengan kursi, di antaranya hanya 6 makam yang menggunakan bahan besi.

Temuan kursi lipat di makam wanita bangsawan ini diduga kuat adalah hadiah khusus. Pasalnya, kursi lipat memiliki makna simbolis selama zaman kuno yang digunakan sebagai tanda kekuasaan untuk orang-orang dengan peringkat sosial yang tinggi.

Selain menemukan kursi lipat di makam wanita bangsawan dari abad pertengahan ini, arkeolog juga menemukan kalung mutiara dengan manik-manik kecil berwarna-warni, ikat pinggang dengan banyak bros serta sejumlah tulang binatang yang diduga menjadi persembahan daging.

Berita Terkait