Sains

Ditemukan Senjata Ninja Berusia 430 Tahun, Bentuknya Unik

Diduga dari era Sengoku (1467-1615)

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Ninja. (Pixabay)
Ilustrasi Ninja. (Pixabay)

Hitekno.com - Ditemukan artefak yang diduga sebagai senjata ninja dan diketahui telah berusia 430 tahun dalam sebuah penggalian di Jepang

Tim arkeolog telah menggali artefak antara tahun 1960 dan 2010 di beberapa situs di Jepang, termasuk dua kastil ternama.

Yakni di Kastil Iwatsuki dan Kastil Hachioji tempat tim arkeolog mencari tahu peninggalan masa silam pendahulu Jepang.

Diduga artefak senjata ninja yang mereka temukan ini berasal dari Pengepungan Odawara yang terjadi pada 1590.

Selama pengepungan tersebut, klan Toyotomi dan Tokugawa mengalahkan klan Hojo, yang telah menguasai sebagian besar Jepang dan merebut kedua kastil.

Pengepungan terjadi selama periode Sengoku (1467-1615), saat Jepang dibagi antara beberapa panglima perang yang berjuang untuk kekuasaan.

Catatan sejarah menyebutkan ninja berfungsi sebagai mata-mata selama periode tersebut dan kemungkinan mengambil bagian dalam pengepungan.

Artefak tersebut termasuk batu lempar datar yang mungkin merupakan pendahulu senjata shuriken dan caltrop tanah liat, yang mungkin merupakan bentuk awal caltrop makibishi. Senjata itu disebut mampu melukai kaki tentara dan kuda.

Penemuan artefak senjata ninja yang diduga berusia 430 tahun. (Hachioji City History Museum via Live Science)
Penemuan artefak senjata ninja yang diduga berusia 430 tahun. (Hachioji City History Museum via Live Science)

"Artefak ini kemungkinan adalah senjata dari kelompok pertempuran yang dapat bertindak sebagai ninja," kata Iwata Akihiro, arkeolog dan kurator di Museum Sejarah dan Cerita Rakyat Prefektur Saitama, seperti dikutip dari Live Science, Rabu (16/2/2022).

Menurut Akihiro, senjata-senjata tersebut kemungkinan dibuat dengan tergesa-gesa sebelum pengepungan.

Meski begitu, kedua senjata itu memiliki tingkat keefektifan yang tinggi.

Senjata yang mirip shuriken digunakan untuk menghentikan pergerakan musuh yang akan menyerang kapan saja dan ketika musuh lumpuh, ninja tersebut akan melarikan diri.

Sementara caltrop tanah liat dapat menghentikan pergerakan musuh yang menyerbu benter.

Tapi meskipun dilengkapi dengan senjata, ninja klan Hojo tidak dapat menyelamatkan kastil karena keduanya jatuh ke tangan tentara klan Toyotomi dan Tokugawa, yang jauh lebih besar.

Pada 1615, klan Tokugawa berhasil menyatukan seluruh Jepang di bawah kekuasaan mereka, membentuk shogun yang akan memegang kekuasaan selama berabad-abad.

Itulah laporan terbaru penemuan artefak senjata ninja yang diduga telah berusia 430 tahun oleh tim arkeolog Jepang. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait