Sains

Asteroid Seukuran Bus Bakal Lintasi Bumi Jumat Besok, Berbahaya?

Diperkirakan asteroid ini akan melintasi Bumi pada Jumat 6 Mei 2022.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi asteroid. (Pixabay)
Ilustrasi asteroid. (Pixabay)

Hitekno.com - NASA melaporkan kalau ada sebuah asteroid besar bakal melintasi Bumi pada Jumat (6/5/2022). Asteroid 2009 JF1 ini diketahui memiliki ukuran sebesar bus sekolah.

Menurut diwartakan Suara.com, Kamis (5/5/2022), asteroid 2009 JF1 ini tidak akan menabrak Bumi. Sehingga tergolong tidak membahayakan planet tempat kita tinggal ini.

Meski begitu, batu antariksa ini sempat memicu ketakutan sejak awal. Juga sempat dimasukkan dalam daftar asteroid berisiko oleh Pusat Koordinasi Objek Dekat Bumi Eropa.

Prediksi awal menyebutkan bahwa asteroid tersebut memiliki peluang 1 dari 1.400 untuk menabrak Bumi selama pendekatan pada Mei, tetapi data baru menurunkan risiko menjadi 1 banding 1,7 juta kesempatan.

Seperti namanya, asteroid 2009 JF1 pertama kali diamati pada 2009, tetapi para ilmuwan kehilangan jejak sejak saat itu dan tidak dapat mendeteksi orbitnya serta seberapa dekat jaraknya dengan Bumi.

Ilustrasi asteroid [Beng-Art/Pixabay]
Ilustrasi asteroid [Beng-Art/Pixabay]

Beruntung, alat untuk menentukan orbit asteroid semakin canggih sejak saat itu dan tampilan baru pada data yang ada membuat tingkat risiko asteroid menjadi jelas.

"Asteroid sekarang tidak termasuk lagi dalam daftar risiko kami dan terdegradasi bersama dengan objek lain yang lebih rutin menimbulkan ancaman minimal," kata Badan Antariksa Eropa (ESA) pada Februari, seperti dikutip dari CNET pada Kamis (5/5/2022).

Asteroid tersebut diperkirakan berdiameter 10 meter atau seukuran bus sekolah. 2009 JF1 akan melintas dengan jarak sekitar 1.939.988 mil dari Bumi atau sekitar delapan kali jarak rata-rata antara Bumi dan Bulan.

Meskipun itu jarak yang dekat dalam standar kosmik, tetapi jaraknya masih aman untuk melakukan pendekatan dengan Bumi.

Itulah laporan terkini NASA mengenai asteroid 2009 JF1 yang melintasi Bumi besok. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait