Sains

Apa Itu Area 51? Tempat Paling Rahasia di AS

Area 51 masih menyimpan banyak misteri.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi jalan menuju daerah terlarang, Area 51. (Pixabay/ Martin Str)
Ilustrasi jalan menuju daerah terlarang, Area 51. (Pixabay/ Martin Str)

Hitekno.com - Nama Area 51 mungkin masih asing ditelinga sebagian orang. Lantas sebenarnya apa itu Area 51 yang masih jadi misteri? Beragam teori konspirasi bermunculan terkait area rahasia tersebut.

Area 51 atau United States Air Force Flight Test Center merupakan sebuah area tertutup untuk publik yang ada di negara bagian Nevada, Amerika Serikat. Area rahasia ini dijadikan sebagai pusat rahasia pembangunan dan percobaan pesawat tempur yang dimiliki Amerika Serikat.

Namun, banyak berita yang menyebar kalau area ini sebenarnya digunakan untuk penelitian makhluk luar angkasa dan piring terbangnya. Teori konspirasi kerap mengaitkan lokasi ini dengan kejadian luar angkasa seperti tempat mendaratnya UFO (Unidentified Flying Object) hingga tempat alien.

Area ini memiliki sejumlah nama samaran seperti Detachment 3, Dreamland, Watertown Strip, hingga Paradise Ranch. Dengan seluas 38.400 hektare, Area 51 merupakan salah satu daerah militer paling rahasia.

Masyarakat umum tidak diperkenankan mendekat. Banyak tanda peringatan, pengawasan elektronik, dan penjaga bersenjata yang dipasang di sekitarnya..

Terbang melintasi Area 51 juga dilarang, meskipun lokasi ini sekarang dapat dilihat pada gambar satelit. Pangkalan militer ini memiliki landasan pacu sepanjang 3,7 km. Fasilitas ini terletak di dua area militer rahasia lainnya: Nevada Test Site: tempat AS melakukan uji coba senjata nuklir sejak 1950-an hingga 1990-an serta Nevada Test and Training Range.

Seluruh kawasan ini memiliki luas 2,9 juta hektar. Menurut militer AS, tempat itu memiliki ruang pertempuran yang fleksibel, realistis, dan multidimensi untuk melakukan pengembangan pengujian taktis, dan pelatihan lanjutan.

Area 51 dibangun pada era Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet, sebagai fasilitas untuk menguji dan mengembangkan pesawat, termasuk pesawat U-2 dan SR-71 Blackbird

Meski fasilitas itu dibuka pada 1955, keberadaanya baru secara resmi diakui oleh badan intelijen CIA pada Agustus 2013. Empat bulan setelah pengungkapan oleh CIA, Presiden AS kala itu, Barack Obama, menjadi presiden pertama AS yang mengungkap Area 51 kepada publik.

Saking misteriusnya tempat ini, banyak teori konspirasi Area 51 yang berkembang di publik.

Tempat di Area 51 yang dicurigai sebagai penyimpanan UFO oleh militer AS. (YouTube/ ET Data Base)
Tempat di Area 51 yang dicurigai sebagai penyimpanan UFO oleh militer AS. (YouTube/ ET Data Base)

Teori Konspirasi Area 51

Teori konspirasi Area 51 sebagai 'sarang alien' sebenarnya sudah berkembang sejak 1947. Kala itu sebuah pesawat yang diduga berasal dari luar angkasa jatuh di Roswell, New Mexico.

Teori ini tkonspirasi Area 51 ini erus berkembang setelah Bob Lazar dalam sebuah wawancara pada 1989 mengatakan bahwa area misterius tersebut dibuat untuk menangkap dan mempelajari pesawat alien.

Teori ini kemudian kembali mencuat lewat undangan bertajuk 'Storm Area 51, They Can't Stop All of US' karya dua orang warga negara Belanda yang telah ditandatangani oleh lebih dari 300 ribu pengguna Facebook.

Para pendukung ini kemudian mengundang orang dari berbagai penjuru dunia untuk 'menyerbu' Area 51 dengan Naruto Run, gaya lari yang terinspirasi dari kisah manga Jepang Naruto.

Tertulis dalam undangan tersebut 'aksi penyerangan' akan dilakukan pada 20 September 2019. Belum sampai terjadi, Ties Granzier dan Govert Charles Wilhelmus Jacob Sweep kemudian diamankan oleh Pihak Keamanan Nasional Nevada, AS.

Annie Jacobsen, penulis buku 'Area 51: An Uncensored History of America's Top Secret Military Base' mengatakan kawasan rahasia itu merupakan tempat semua elemen Departemen Pertahan AS bekerja, khususnya yang terkait dengan intelijen.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu Area 51 yang dirangkum tim HiTekno.com. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait