Sains

5 Teori Konspirasi Paling Menghebohkan Asia, Salah Satunya dari Indonesia

Mengenai benar atau tidaknya deretan teori konspirasi paling menghebohkan di Asia ini memang tidak diketahui.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

John F Kennedy dan Soekarno. (JFK Library)
John F Kennedy dan Soekarno. (JFK Library)

Hitekno.com - Entah hoaks atau bukan, teori konspirasi menjadi sisi lain informasi yang terkadang dipercaya atau bahkan sulit untuk dipercaya. Mengingat beberapa teori konspirasi yang pernah menghebohkan Asia, berikut tim HiTekno.com rangkum 5 di antaranya.

Teori konspirasi percaya bahwa penyebab berbagai peristiwa yang terjadi baik politik, sosial, atau sejarah bermula dari sebuah rahasia besar.

Berbagai aspek kehidupan saat ini sering kali dikaitkan dengan deretan teori konspirasi yang entah benar atau tidak.

Beberapa kejadian besar seperti tenggelamnya Titanic, hingga meninggalnya John F Kennedy sering kali dikaitkan dengan berbagai teori ini.

Terlepas dari benar atau tidaknya deretan teori konspirasi tersebut, dilansir dari beberapa sumber, berikut tim HiTekno.com rangkum 5 teori konspirasi paling menghebohkan di Asia. Salah satunya dari Indonesia lho.

1. Prisoner of War Amerika di Vietnam

Prisoner of War di Vietnam. (Wikipedia/THE WAR THAT WOULD NOT END, 1971-1973)
Prisoner of War di Vietnam. (Wikipedia/THE WAR THAT WOULD NOT END, 1971-1973)

 

Dilansir dari Listverse, teori konspirasi pertama yang paling menghebohkan di Asia adalah adanya prisoner of war atau POW Amerika di Vietnam.

Keberadaan POW Amerika ini akibat perang dingin yang terjadi di Vietnam beberapa puluh tahun yang lalu. Menurut catatan sejarah, para POW Amerika ini sudah meninggal usai tidak mampu melakukan manuver ke Vietnam.

Namun, dalam sebuah film yang dirilis 1983, sebuah teori menyeruak dan menyebutkan bahwa pemerintah Amerika dan Vietnam tahu bahwa ada POW Amerika yang masih hidup di Vietnam. Sayangnya, pemerintah kedua negara justru menutupi fakta tersebut.

2. Malala adalah Agen CIA

Malala Yousafzai. (Wikipedia Commons)
Malala Yousafzai. (Wikipedia Commons)

 

Malala Yousafzai merupakan seorang siswi asal Pakistan yang ditembak pada Oktober 2012 usai bersikukuh agar para perempuan dapat pergi ke sekolah. Selamat dari kejadian fatal ini, Malala lalu aktif sebagai aktifis di negaranya.

Dilansir dari Listverse, aksi Malala justru membuatnya dicurigai hingga muncul teori konspirasi yang menyebut bahwa dirinya adalah anggota CIA yang bertujuan untuk menghancurkan Pakistan.

3. Amerika dan Taiwan Membuat Virus SARS

Virus SARS. (Wikipedia Commons/US Government)
Virus SARS. (Wikipedia Commons/US Government)

 

Cukup menghebohkan, teori konspirasi yang lain pernah menyebut bahwa Amerika bekerja sama dengan Taiwan untuk membuat virus SARS. Nama Amerika yang dibawa dalam teori konspirasi semacam ini bukanlah pertama kali.

Pada 2002-2004, virus SARS begitu mengancam beberapa negara di Asia. Dikutip dari Listverse, dua ilmuwan asal Rusia menyebutkan bahwa Amerika dan Taiwan bekerja sama untuk membuat virus SARS.

Teori ini juga menyebut bahwa Taiwan memiliki obat penangkal hingga korban di negara tersebut jauh lebih sedikit.

4. Israel Pemicu Tsunami di Fukushima

Ilustrasi tsunami. (pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi tsunami. (pixabay/Free-Photos)

 

Teori konspirasi ini berasal dari sebuah rumor yang membahas mengenai senjata super yang mampu menciptakan badai, tsunami, dan bencana alam.

Dikutip dari Listverse, teori ini percaya bahwa Israel menggunakan senjata tersebut untuk memicu tsunami di Fukushima.

Israel disebut-sebut menanam bom nuklir di dekat pantai Jepang yang dapat memicu gempa Bumi dan tsunami. Sebelumnya, Israel membantu Jepang untuk senjata nuklir. Namun, Israel kesal saat Jepang mendukung Palestina.

5. Soekarno, John F Kennedy, dan Freeport

John F Kennedy dan Soekarno. (JFK Library)
John F Kennedy dan Soekarno. (JFK Library)

 

Seiring dengan lengsernya Soekarno, sebuah teori konspirasi lalu muncul dan mengaitkannya dengan John F Kennedy, dan Freeport. Seperti yang diketahui, Soekarno dikenal sebagai rekan John F Kennedy. John F Kennedy meninggal ditembak pada 1963, selang beberapa tahun kemudian, Soekarno meninggal pada 1970 karena gagal ginjal.

Kematian kedua pemimpin negara ini lalu sempat dikaitkan dengan rencana CIA untuk membangun tambang di dunia, termasuk di Indonesia. Selang beberapa lama setelah Soekarno lengser, terjadilah deal Freeport.

Sempat menimbulkan teori konspirasi yang menyebutkan bahwa kematian kedua pemimpin dunia ini berkaitan dengan CIA. Pada tahun 2018, dilansir dari The Guardian, Presiden Donald Trump mengungkap dokumen pembunuhan John F Kennedy.

Mengungkap keterlibatan CIA, dalam dokumen tersebut terungkap nama beberapa pemimpin negara salah satunya adalah Soekarno. Sempat dianggap sebagai teori konspirasi belaka, hal ini belakangan mulai dipercaya.

Mengenai benar atau tidaknya deretan teori konspirasi paling menghebohkan di Asia ini memang tidak diketahui. Namun, teori konspirasi tetap lah sebuah teori. Kamu pernah mendengar teori konspirasi lainnya?

Berita Terkait