Sains

Ditemukan Paus Misterius Berwarta Tak Biasa, Bikin Bingung Imuwan

Ikan paus misterius ini ditemukan dengan warna oranye terang, kok bisa?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi laut. (Pixabay/ PublicCo)
Ilustrasi laut. (Pixabay/ PublicCo)

Hitekno.com - Para ilmuwan dibuat bingung dengan penemuan ikan paus misterius yang memiliki warna tak biasa.

Paus misterius ini memiliki warna oranye terang dari ordo Cetomimiformes ini ditemukan di kedalaman sekitar 2.013 meter di lepas pantai Monterey Bay, California.

Dilansir dari Live Science, Jumat (13/8/2021), hewan tersebut merupakan salah satu makhluk laut dalam yang paling misterius dan sulit dipahami.

"Ikan paus jarang terlihat hidup di kedalaman, begitu banyak misteri mengenai ikan yang luar biasa ini," tulis Monterey Bay Aquarium Research Institute yang melakukan eksplorasi laut dalam.

Para ahli mengetahui bahwa hewan ini memiliki siklus hidup yang unik karena dapat berubah bentuk selama hidupnya.

Dalam fase hidup ikan paus ini, terdapat tiga bentuk yang sangat berbeda.

Pertama, ekor pita yaitu larva tanpa sisik dengan ekor dan mulut panjang seperti pita yang hidup di dekat permukaan laut.

Paus misterius dari ordo Cetomimiformes. [Twitter]
Paus misterius dari ordo Cetomimiformes. [Twitter]

Saat tumbuh dewasa, jika hewan itu menjadi jantan maka sisik akan tumbuh di seluruh tubuh dengan mulut menyusut dan hidung membengkak ke luar.

Sementara betinanya akan mengalami perubahan bentuk tubuh mengembang, menyerupai paus balin mini dan berukuran jauh lebih besar daripada jantan.

Pada beberapa spesies, tubuh betina berubah menjadi warna oranye terang karena cahaya merah dan oranye tidak dapat menembus kedalaman laut.

Baik jantan (ikan bignose) dan betina (whalefish) cenderung terlihat pada kedalaman antara 1.500 hingga 2.000 meter di bawah permukaan laut.

Meskipun beberapa laporan mengklaim hewan itu dapat berada di kedalaman hingga 3.500 meter.

Paus misterius dari ordo Cetomimiformes. [Ocean.si.edu]
Paus misterius dari ordo Cetomimiformes. [Ocean.si.edu]

Perubahan bentuk tubuh aneh yang dilakukan Cetomimiformes belum pernah terjadi sebelumnya di antara vertebrata.

Ikan paus ini pertama kali dicatat pada 1895, namun baru pada 2000 sebuah penelitian yang melacak gen mitokondria menemukan bahwa ekor pita, bignose, dan ikan paus adalah satu spesies yang sama.

Masih banyak misteri yang tidak diketahui para ahli tentang kebiasaan ikan tersebut dan banyak hewan laut dalam lainnya yang sulit dipahami.

Penemuan ikan paus misterius berwarna oranye terang ini masih menjadi penelitian para ilmuwan. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait